Jokowi Hentikan PSBB dan PPKM Akhir Tahun Ini

MUS • Wednesday, 21 Dec 2022 - 13:01 WIB

Jakarta - Presiden Jokowi memberi sinyal segera memberhentikan kebijakan PSBB dan PPKM di akhir tahun ini. Di mana kebijakan tersebut dikeluarkan sebagai upaya penanganan pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia sejak 2020.

"Mungkin nanti akhir tahun kita menyatakan berhenti PSBB dan PPKM kita,"ujar Jokowi di acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023, Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (21/13/2022).

Menurut Jokowi, kebijakan tersebut bisa dilakukan seiring melandainya kasus Covid-19. Di mana kemarin, jumlah kasus harian mencapai 1.200. Melihat jumlah tersebut tentu sangat jauh dibandingkan saat gempuran pandemi beberapa waktu lalu.

"Saat Delta masuk kasus harian capai 56 ribu, saat itu saya ingat hampir 80% menteri menyarankan saya untuk lockdown termasuk masyarakat juga sampaikan hal yang sama. Kalau itu dilakukan saat itu mungkin ceritanya akan lain," kata Jokowi.

Muncul lagi Omicron dengan kasus mencapai 64 ribu per hari. Dal kondisi tersebut. Indonesia dilanda kekurangan APD, oksigen, pasien numpuk dan lainnya.

"Untung kita masih tenang, tidak gugup. Tidak gelagapan sehingga situasi ini bisa kita kelola dengan baik," ujarnya.

Akhirnya seperti sekarang, kasus Covid-19 semakin terkendali dengan jumlah kasus harian mencapai 1.200.