Gubernur BI Terima Anugerah Hamengku Buwono IX Award 2022

MUS • Tuesday, 20 Dec 2022 - 10:32 WIB

Yogyakarta - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menerima Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX Award 2022 dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam bidang pengembangan kebijakan dan strategi perekonomian nasional. Pada tahun 2022, penyerahan Anugerah HB IX Award disampaikan dalam Rapat Terbuka UGM pada Hari Senin, 19 Desember 2022 di Grha Sabha Pramana, UGM. 

Penganugerahan ini mencerminkan kontribusi nyata Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas perekonomian di tengah ancaman krisis multi dimensi yang berlangsung sejak masa pandemi melalui bauran kebijakan dalam menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan, yaitu Pertama, mengoptimalkan seluruh instrumen dalam bauran kebijakan Bank Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Kedua, kebijakan moneter tetap mengandalkan instrumen utama kebijakan suku bunga BI7DRR dan penguatan kebijakan stabilitas nilai tukar. Ketiga, kebijakan makroprudensial akomodatif dengan sejumlah instrumen termasuk pemberian insentif kepada bank-bank untuk penyaluran kredit kepada 46 sektor prioritas termasuk UMKM guna mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Keempat, akselerasi digitalisasi sistem pembayaran untuk memperkuat integrasi ekosistem ekonomi keuangan digital nasional melalui penggunaan QRIS, implementasi BI-FAST, dan SNAP (Standar Nasional Open API Pembayaran) serta pengembangan Rupiah Digital. Kelima, mendorong inklusi ekonomi dan keuangan melalui program pengembangan UMKM maupun ekonomi-keuangan syariah. 

Sebagai wujud apresiasi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menetapkan Perry Warjiyo sebagai penerima Anugerah Hamengku Buwono IX atas inovasi dan gagasannya dalam kebijakan moneter yang berperan menjaga ketahanan ekonomi Indonesia terhadap dampak pandemi.

Selain itu, penyerahan Anugerah HB IX telah menjadi tradisi yang menandai Dies Natalis UGM dan diharapkan menjadi motivator bagi pencapaian prestasi para penerima Anugerah untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Beberapa tokoh lainnya yang telah dianugerahi Hamengku Buwono IX Award diantaranya Herman Johannes, Mochtar Kusuma Atmadja, Selo Sumardjan, Teuku Jacob, Saparinah Sadli, Ajip Rosidi, Ahmad Syafii Maarif, Goenawan Mohamad, Jusuf Kalla, Retno Marsudi dan Basuki Hadimuljono. Acara penganugerahan ini turut dihadiri oleh Majelis Wali Amanat, Dewan Guru Besar, Senat, Rektorat dan Civitas Akademika Universitas Gadjah Mada serta perwakilan beberapa lembaga di Yogyakarta. (Yof)