Hasil Survey LSN: Moeldoko Berpotensi Ancam Hegemoni Capres Papan Atas

FAZ • Saturday, 17 Dec 2022 - 16:47 WIB

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko digadang-gadang menjadi satu-satunya tokoh papan tengah yang dapat mengancam hegemoni tiga Calon Presiden (capres) papan atas. Tiga capres yang dimaksud adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Hal itu disampaikan oleh Lembaga Survey Nasional (LSN) saat merilis hasil survey terbaru yang dilaksanakan 16-29 November 2022, di 34 provinsi.

“Mengapa hanya Moeldoko yang berpotensi mengancam capres papan atas?” tanya Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry pada rilis survey terbaru LSN melalui siaran zoom meeting, Jum’at (16/12/2022).

Bakri lantas menjelaskan alasan Moeldoko menjadi ancaman capres papan atas. Menurut kajian LSN, sosok Moeldoko memiliki tingkat keterpilihan elektabilitas paling moncer. Selain itu, progresnya pun mengalami kenaikan signifikan.

“Elektabilitas capres-capres papan tengah dan papan bawah mengalami stagnan. Jika trend pertumbuhan elektabilitas Moeldoko tersebut bisa diakselerasi, dan ada partai politik yang berani mendeklarasikannya sebagai capres, bukan tak mungkin mantan Panglima TNI di era SBY itu menjadi kuda hitam,” papar Bakry.

Bakry mengemukakan bahwa kluster papan atas yang diisi oleh Prabowo Subianto, Ganjar dan Anies Baswedan, masing-masing elektabilitasnya berkisar 20-25 persen.

Sedangkan mereka yang termasuk dalam kluster papan tengah adalah Ridwan Kamil (7,3%), Moeldoko (4,1%), Andika Perkasa (2,7%), Sandiaga Uno (2,5%), AHY (2,4%), dan Erick Thohir (2,0%).

Para capres dalam kluster tersebut kendati elektabilitasnya sebagai capres belum signifikan namun hampir semuanya dalam penilaian responden layak menjadi calon wakil presiden (cawapres).

“Berpijak pada hasil survey kali ini, yang dilengkapi dengan riset kualitatif dan media monitoring, Moeldoko berhasil menyodok lima besar,” ujar Bakry.

Selain perkembangan tingkat elektabilitas capres, Bakry menjelaskan tingkat keterpilihan cawapres. Menurutnya ada empat tokoh yang paling dinominasikan publik sebagai cawapres, yakni Ridwan Kamil (23,8%), Sandiaga Uno (18,7%), AHY (12,4%) dan Moeldoko (10,5%).

“Erick Thohir yang dalam survei-survei sebelumnya menjadi pilihan publik bersama RK dan Sandiaga, kali ini terlempar dari 4 besar,” kata Bakry.

Survei LSN kali ini dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 29 November 2022 di 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Adapun Total sampel sebesar 1420 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling). Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,6% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih di 34 provinsi dengan pedoman kuesioner.