Year in Search 2022 Penelusuran Trending di Google Sepanjang Tahun

ITK • Friday, 16 Dec 2022 - 11:09 WIB

Jakarta - Ada begitu banyak hal dan peristiwa terjadi di 2022 yang mendefinisikan Indonesia selama setahun terakhir. Tahun ini juga merupakan tahun yang penuh tantangan bagi Indonesia, tahun yang penuh dengan suka dan duka, tahun di mana bangsa-bangsa diuji untuk tetap bisa menciptakan terobosan nasional dan global.

Selama 22 tahun terakhir, Year in Search telah memberikan gambaran unik tentang apa yang kita semua di seluruh dunia pedulikan, apa yang menginspirasi dan membuat kita penasaran. Dan  9 kategori tersebut adalah: 9 kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya: Mengapa, Apa, Tokoh, Lirik Lagu, Resep, Film / Serial TV, Peristiwa Nasional, Olahraga, dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan. Year in Search 2022 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Daftar Year in Search 2022 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran. 

 

Bangsa yang penuh dengan orang-orang tangguh untuk terus maju dan bangkit

Setelah dua tahun penuh ketidakpastian, masyarakat Indonesia muncul kembali dengan lebih kuat, berdaya, dan terus mencari cara untuk menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya. Pencarian seputar kesehatan terus mendominasi. Untuk pertama kali di tahun ini, Google merilis kategori Olahraga yang melihat lebih jauh minat pencarian seputar kesehatan di Indonesia - dari tipe olahraga, nama penyakit, hingga tempat olahraga terdekat. Selain topik seputar kesehatan, keadaan ekonomi juga mencuri perhatian masyarakat mulai dari “mengapa harga bbm naik”, arti dari “resesi”, hingga “blt bbm”. 

Tahun ini pun tak lepas dari rasa duka akan beberapa musibah yang melanda dari tragedi “Kanjuruhan”, “Eril ditemukan” hingga “Gempa” dahsyat yang menelan banyak korban jiwa. Terlepas dari semua itu, masyarakat Indonesia bersatu lebih dari sebelumnya. Hal ini dapat terlihat jelas ketika Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan “G20, atau momen kreatif yang membuat  kegembiraan bersama dan berkembang seperti “Citayam Fashion Week” dan “apa itu cepmek”.

Kreatifitas masyarakat Indonesia pun juga semakin marak dan relevan ke kehidupan sehari - hari masyarakat Indonesia. Dalam kategori Tokoh, masyarakat Indonesia mencari lebih banyak sosok yang memberikan inspirasi nyata dan sederhana dalam keseharian mereka seperti “Bunda Corla”, “Jesse Choi”, “Grace Tahir” dan “Kak Jill”; hingga film yang diangkat dari kisah nyata seperti  “KKN di Desa Penari”, “Miracle in Cell No.7” dan masih banyak lagi film/serial TV yang berhasil menjadi pencarian trending sepanjang tahun ini. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini kategori Musik fokus akan pencarian seputar lirik lagu. Dari “Lirik lagu Ojo Dibandingke” yang dibawakan oleh penyanyi cilik bertalenta Farel Prayoga dari  hingga “Lirik lagu Hati - hati di Jalan” dari Tulus, pencarian seputar musik pun kian diwarnai oleh musisi dan genre lokal.  

 

Indonesia menjadi sorotan dunia

Tidak hanya musisi lokal menarik perhatian masyarakat Indonesia, tapi untuk pertama kali nya, musisi lokal Indonesia pun mencuri perhatian global. 3 dari 10 lagu yang masuk ke pencarian trending dalam kategori lagu, di Google di seluruh dunia, merupakan lagu Indonesia dengan genre yang penuh dengan kearifan lokal. Diantaranya: “Joko Tingkir” oleh Farel Prayoga, “Tak Ingin Usai” oleh Keisya Levronka, dan “Satru 2” oleh Denny Caknan dan Happy Asmara. Selain musik, keindahan alam Indonesia pun mendapat perhatian masyarakat dunia, dimana Tanah Lot, Bali, Indonesia adalah salah satu penelusuran trending sepanjang tahun ini untuk "Tempat Pemandangan" di Google Maps - oleh orang di seluruh dunia! 

“Tahun ini adalah tahun yang penuh dengan suka dan duka bagi masyarakat Indonesia. Banyak dari kita yang mengalami serangkaian peristiwa yang membuat kita harus bertahan dan menatap masa depan, mencari cara bagaimana kita dapat bangkit lebih tangguh, lebih bahagia dan terus bertumbuh. Terlepas dari itu, tahun ini juga dipenuhi oleh banyak hal yang patut kita syukuri dan banggakan, dimana kreatifitas, ketangguhan, dan persatuan Indonesia sungguh nyata.” jelas Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia.  

Menjelang akhir tahun, luangkan waktu sejenak untuk melihat ke belakang, merenungkan, dan merayakan semua momen tahun ini yang menantang, menginspirasi, dan memungkinkan kita untuk tumbuh. Untuk melihat list Google Year In Search di Indonesia dan dunia selengkapnya dapat mengunjungi https://goo.gle/yis-id2022 dan saksikan kembali highlights acara pengumuman Year in Search 2022 di channel YouTube Google Indonesia yang tayang pada Jumat, 16 Desember 2022. (*)