Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Keikutsertaan Cindy May Mc Guire dalam Miss International 2022

MUS • Wednesday, 14 Dec 2022 - 17:46 WIB

Tokyo - Meski gagal meraih kemenangan, Cindy May Mc Guire Puteri Indonesia Lingkungan 2022, mengaku bangga dapat mewakili Indonesia dalam ajang Miss International 2022 di Tokyo Dome City Hall, Jepang Selasa 13 Desember 2022. “Saya sudah melakukan persiapan yang maksimal. Saya pribadi merasa senang dan bahagia karena telah menampilkan nama Indonesia ke pentas dunia dengan mengenakan kostum nasional dengan tema Puteri Mandalika dari NTB karya Jember Fashion Carnival x Bubah Alfian dan Evening Gown. Kostum itu bertaburan mutiara asli Indonesia karya designer muda Anaz Khairunas.Trimakasih atas dukungan keluarga, pihak-pihak yang terkait seperti Yayasan Putri Indonesia (YPI) dan Mustika Ratu serta semua masyarakat Indonesia," sergah Cindy May Mc Guire. 

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi mengapresiasi keikutsertaan Cindy May Mc Guire meski tidak meraih juara dalam ajang dunia Miss Inernational 2022. "Saya sangat mengapresiasi kerja keras Cindy. Keikutsertaan Cindy adalah salah satu bentuk promosi seni dan budaya Indonesia di forum internasional. Saya meyakini ke depannya Indonesia mampu merebut kembali juara yang pernah diraih di tahun 2018,” demikian disampaikan Dubes Heri.

Cindy May Mc Guire gagal masuk dalam 15 besar dari 69 finalis berbagai negara di ajang tahunan Miss International 2022. Jasmin Selberg, Miss Jerman, berhasil memenangkan gelar Miss International 2022. Jerman keluar sebagai juara Miss International 2022 setelah mengalahkan wakil Tanjung Verde, Peru, Kolombia, Jamaika, Kanada, Spanyol dan Republik Dominika di babak 8 besar.

Head Of Communications- Puteri Indonesia Foundation, Mega Angkasa, mengucapkan terima kasih atas dukungan Dubes Heri Akhmadi dan masyarakat Indonesia dalam keikutsertaan Indonesia dalam ajang Miss International 2022. “Mustika Ratu dan Yayasan Puteri indonesia tetap bangga dengan penampilan Cindy. Kita semua mengetahui bagaimana Cindy bekerja keras mempersiapkan semua. Ini tentu akan menjadi pelajaran dan evaluasi untuk kami ditahun mendatang. Kami berterima kasih kepada semua masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan kepada Cindy. Terima kasih pula kepada Dubes Heri Akhmadi dan jajaran KBRI Tokyo yang mendukung Cindy,” kata Mega Angkasa. 

Ibunda dari Cindy May Mc Guire, Nelly Yulistin, menyatakan kebanggaannya dengan penampilan putrinyadi ajang Miss International ini. “Sebagai ibu, saya bangga melihat anak saya meraih gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2022 dan mewakili Indonesia di ajang Miss International 2022 di Jepang. Terlepas dari hasil yang didapat kami sudah berusaha maksimal dan tentu nama Indonesia tetap menggema di dunia. Terimakasih banyak kepada semua pihak termasuk KBRI Tokyo,” ucap Nelly Yulistin. 

Dalam ajang Miss International 2022 di Tokyo, Cindy May Mc Guire menampilkan berbagai macam budaya Indonesia yang unik. Salah satunya adalah busana National Costume dengan tema Dewi Ratu Mandalika. Kostum ini mengadopsi legenda cerita dari Nusa Tenggara Barat yang memiliki cerita kuat yang sejalan dengan tradisi Bau Nyale, Ratu Mandalika, yang menjadi ikon cerita. Sosok Ratu Mandalika yang memancarkan kecantikan melalui keberanian, sikap dan kebaikannya membuat semua pangeran ingin menjadi suaminya.