Viral Menyamar jadi Jurnalis, Polda Jateng Bantah Pencopotan Iptu Umbaran

MUS • Wednesday, 14 Dec 2022 - 13:32 WIB

Semarang - Polda Jawa Tengah angkat bicara soal Iptu Umbaran Wibowo mantan wartawan TVRI, yang kini menjabat sebagai Kapolsek Kradenan di Blora, Jawa Timur.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, mengatakan, Iptu Umbaran adalah benar anggota Polri dan juga pernah bekerja sebagai kontributor di TVRI Jateng untuk wilayah Pati.

“Dia bukan pegawai tetap TVRI. Dia pernah ditugaskan melaksanakan tugas intelijen di wilayah Blora,” kata Iqbal dalam keterangannya kepada Okezone, Rabu (14/12/2022).

Dilanjutkan Iqbal, pada Januari 2021 penugasan tersebut selesai dan Iptu Umbaran dipindahkan menjadi organik Polres Blora sebagai Kanit Intel di Polres Blora.

“Selanjutnya diangkat sebagai Wakapolsek Blora. Tanggal 12 Desember 2022 dia dilantik menjadi Kapolsek di Kradenan,” lanjutnya.

Iqbal juga membantah, bahwa Iptu Umbaran telah dicopot sebagai Kapolsek Kradenan imbas viralnya berita pelantikannya di media sosial.

“Isu pencopotan Iptu Umbaran dari jabatannya selaku Kapolsek tidak benar. Saat ini dia masih melaksanakan tugas dan jabatan barunya Kapolsek Kradenan,” pungkasnya.