Sebut Kemenkeu Setan dan Iblis, Anak Buah Sri Mulyani Desak Bupati Meranti Minta Maaf!

MUS • Monday, 12 Dec 2022 - 12:21 WIB

Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meminta Bupati Kabupaten Meranti Muhammad Adil untuk meminta maaf atas apa yang diucapkannya. Menurutnya, pernyataaan Bupati Meranti menyesatkan dan tidak pantas diucapkan.

"Kepada saudara Muhammad Adil agar segera minta maaf secara terbuka dan melakukan klarifikasi agar tidak terjadi penyesatan publik yang lebih luas. Terimakasih," tegas Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo melalui Twitternya, seperti dikutip Senin (12/12/2022).

Dia mengatakan bahwa Kementerian Keuangan tentu sangat keberatan dan menyayangkan pernyataan Bupati Merani Muhammad Adil yang sungguh-sungguh tidak adil karena mengatakan pegawai Kementerian Keuangan iblis atau setan.

"Ini jelas ngawur dan menyesatkan, karena Kementerian Keuangan justru sesuai UU telah menghitung dan menggunakan data resmi Kementerian ESDM dalam membagi dana bagi hasil (DBH). Dana yang dipakai bukan untuk daerah penghasil saja tapi juga daerah sekitar agar merasakan kemajuan dan kemakmuran bersama-sama," tegasnya.

Menurutnya, Kementerian Keuangan juga mengalokasikan transfer daerah dan dana desa sebesar Rp872 miliar atau 75% dari APBD Kabupaten Meranti atau 4 kali lipat dari PAD Meranti sebesar Rp222 miliar.

"Untuk itu kepada saudara Muhammad Adil agar segera minta maaf," tuturnya.