UNDP Indonesia Rayakan 50 Tahun Konferensi Stockholm Lewat Pameran Komik Terkait Isu Lingkungan di Sarinah

FAZ • Sunday, 11 Dec 2022 - 14:56 WIB

Jakarta - Badan PBB untuk pembangunan (UNDP) Indonesia meluncurkan komik digital untuk merayakan 50 tahun konferensi pertama yang diadakan tahun 1972 di Stockholm.

Pameran komik berlangsung pada 10-16 Desember 2022 di Lobi Barat Sarinah Jakarta.

Selain pameran komik, UNDP Indonesia bersama dengan pihak lain seperti Cleanomic, Waste4change, Envirosights mengadakan talkshow terkait isu lingkungan kekinian di Anjungan Sarinah pada Sabtu (10/12) kemarin.

Perubahan iklim yang kurang lebih disebabkan oleh meningkatnya sampah baik di tingkat rumah tangga dan industri menjadi bahasan utama.

Salah satu penanggulangan hal tersebut dengan mengurangi penggunaan barang yang menimbulkan sampah. Kira-kira begitulah yang disampaikan Campaign Manager Waste4change, Saka Dwi Hanggara.

"Simpelnya back to basic jadi kita itu sudah punya basic di sampah itu reduce, reuse, recycle. Yang banyak orang mispersepsi adalah sebuah slogan, tapi  sebenarnya 3 R ini hirarki yang harus dilakukan," kata Saka.

Lanjut Saka, prioritas utama yakni penguranhan sampah dengan sebisa. Setelah itu, langkah kedua yakni reuse memakai kembali barang tersebut dengan fungsi berbeda contohnya botol sabun cair untuk menyimpan cairan pembersih lantai.

"Kalau misalkan enggak bisa dipakai lagi sampahnya harus dibuang baru recycle ini mungkin sebagian kecil sampah bisa recycle sendiri misalkan buat kerajinan atau apa, sisanya bisa dikumpulkan ke bank sampah, sudah banyak kok," kata Saka.

Namun, fakta di lapangan untuk sampah-sampah rumah tangga banyak yang dibakar oleh warga, padahal ini justru membahayakan dan sudah ada aturannya dalam UU Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

"Bakar sampah juga enggak boleh, itu ada pidannya enggak boleh di UU," kata Founder Cleanomic Denia Isetianti.

Senada dengan Saka dan Denia, Abang None Jakarta Timur Kara Carolunna juga menyebut pengelolaan sampah yang baik dapat bermanfaat bagi fungsi pariwisata.

Turis luar dan dalam negeri akan kembali berkunjung ke Jakarta apabila lingkungannya bersih, nyaman dan rapih.

"Banyak hal yang kita pelajari tentang Jakarta, lingkungan hidup, karena tujuan utamanya adalah untuk mendatangkan orang kesini dan membuat mereka datang kembali kesini itu adalah satpa pesona. Ada unsur satpa pesona, yang pertama itu keramahan, ketertiban, kebersihan, kenyamanan, keindahan, dan kenangan," kata Lunna.

"Kenangan itu yang membuat kembali lagi ke Jakarta dan Indonesia. Point pentingnya ada disitu, kebersihan dan kenyamanan," sambungnya.

Sebagai penutup dari rangkaian acara Stockholm+50 di Indonesia, UNDP berkolaborasi dengan Kathrinna Rakhmavika, komikus muda yang telah banyak menghasilkan karya bertema isu-isu sosial dan lingkungan dengan penyajian yang sederhana dan lebih mudah diterima oleh masyarakat.

Kolaborasi kali ini menghasilkan sebuah karya dalam bentuk komik digital Stockholm+50 yang memiliki tujuan untuk menyebarluaskan pesan dari konferensi Stockholm+50 sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan krisis iklim yang saat ini sedang terjadi.

Pada isu perubahan iklim, media komunikasi visual memainkan peran penting untuk mentransfer pengetahuan di mana komunikasi secara lisan terhambat oleh narasi dan pesan yang kompleks.    

Sebagai media peluncuran komik digital ini, UNDP bekerja sama dengan KLHK dan Kedutaan Besar Swedia akan mengadakan rangkaian acara pameran/exhibition yang akan dibuka untuk umum di Sarinah.

Pameran ini diharapkan dapat memfasilitasi penyebaran pesan tentang krisis iklim dan meningkatkan kesadaran masyarakat luas, terutama anak muda, akan kondisi tersebut. Pemilihan Sarinah sebagai lokasi untuk pameran tidak lepas dari daya tarik lokasi ini yang sedang meningkat.

Diharapkan, banyaknya pengunjung Sarinah juga bisa berdampak positif kepada penyebaran pesan yang lebih luas lagi.

UNDP bermitra dengan pemerintah di seluruh dunia serta masyarakat semua lapisan untuk membantu membangun negara yang tahan krisis, mendorong pertumbuhan ekonomi hijau yang inklusif, serta  meningkatkan kualitas hidup setiap orang. UNDP menawarkan solusi pembanguan dengan perspektif global dan wawasan lokal.