Dubes Heri Akhmadi Resmikan Lomba Pidato Bahasa Indonesia antar Universitas di Jepang

MUS • Tuesday, 6 Dec 2022 - 23:15 WIB

Tokyo - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) meresmikan Lomba Pidato Bahasa Indonesia XV tahun 2022 di Kanda University, Chiba, Sabtu, 3 Desember 2022. Lomba ini diadakan oleh Kanda University of International Studies (KUIS) dengan didukung oleh KBRI Tokyo.

Selain dari KUIS, 37 peserta yang ikut dalam lomba ini juga berasal dari Osaka University, Keio University, Waseda University, Asia Pasific University, Chuo University, Senshu University, Kokushikan University, Doshisha University dan Daito Bunka University.

“Saya mengapresiasi Bapak Rektor Miyauchi Takahisa dan jajaran KUIS yang aktif mempromosikan Bahasa dan seni  budaya Indonesia di Jepang. Acara ini selain memperkuat hubungan kedua bangsa, juga menjadi medium menduniakan Bahasa Indonesia yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009. Apresiasi juga ingin saya sampaikan kepada KUIS yang sejak tahun 2000 telah membimbing lebih dari 450 mahasiswa Jepang untuk belajar Bahasa Indonesia,“ demikian sambutan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi dan Diplomat Muda KBRI Tokyo Pandu Utama Manggala, saat meresmikan Lomba Pidato Bahasa Indonesia yang bertemakan Indonesia di Hatiku. 

“2023 nanti kita akan memperingati 65 tahun hubungan bilateral Indonesia – Jepang. KBRI Tokyo siap berkolaborasi dengan seluruh universitas dan sekolah tinggi di Jepang untuk menggelar Lomba Pidato Bahasa Indonesia di seluruh kampus di Jepang dengan skala yang lebih besar,“ tambahnya.

Rektor Kanda University Miyauchi Takahisa berharap melalui lomba ini, para peserta dan umumnya seluruh mahasiswa Jepang dapat lebih meningkatkan motivasi semangat belajar belajar Bahasa Indonesia. 

Nakamura Erika, mahasiswa semester 5 Chuo University keluar sebagai Juara Umum dalam Lomba Pidato Bahasa Indonesia ini dan mendapatkan hadiah utama 1 (satu) tiket Pesawat Garuda Indonesia pulang pergi Indonesia - Jepang dari KBRI Tokyo. Adapun para pemenang lainnya  mendapat hadiah hiburan dari pendukung acara lainnya termasuk KBRI Tokyo.

Hadir selaku juri dalam lomba ini Kepala Sekolah Republik Indonesia (SRIT) Driyaningsih, Ketua Rumah Budaya Indonesia, Imelda Coutrier dan pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Jepang, Matsui Kazuhisa.

Lomba Pidato Bahasa Indonesia XV tahun 2022 di Kanda University ini juga melibatkan Universitas dan Sekolah Penyelenggara Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di wilayah Kanto, Kansai dan Fukuoka. Di antaranya Tokyo University of Foreign Studies (TUFS), Asia University, Nihon University, Sophia University, Takushoku University, Tenry University, SMA Internasional Kanto dan lain-lain.