Indonesia Friendship Day Okinawa Tutup Rangkaian Promosi dan Pelayanan Terpadu KBRI Tokyo Tahun 2022 di 11 Kota Jepang

MUS • Monday, 5 Dec 2022 - 18:15 WIB

Tokyo - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menyelenggarakan kegiatan Indonesia Friendship Day (IFD) di Prefektur Okinawa, Jepang, pada 1 – 3 Desember 2022. 

“IFD Okinawa adalah penutup rangkaian IFD 2022 di 11 kota di Jepang mulai dari ujung paling utara Jepang (IFD Sapporo) hingga ujung paling selatan Jepang. Pada 2023 mendatang, dalam rangka 65 tahun hubungan Indonesia – Jepang, rangkaian kegiatan promosi dan pelayanan terpadu ini akan ditingkatkan menjadi Indonesia – Japan Friendship Day (IJFD) dengan pelibatan lebih banyak lagi mitra Jepang,” ujar Wakil Dubes John Tjahjanto Boestami usai memberikan kuliah umum di hadapan 100 orang mahasiswa di Humanities Lecture Hall, Universitas Ryukyus, mengangkat tema lingkungan.

“Kuliah umum yang telah dilakukan pada 2022 dapat ditingkatkan pada 2023 dalam skala lebih besar dilengkapi tampilan seni dan budaya Indonesia yang lebih meriah dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan bilateral Indonesia – Jepang,” tambahnya. 

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Dubes RI John Tjahjanto Boestami yang didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno, bertemu dengan Rektor Universitas Ryukyus, Prof. Kishida Mutsumi membahas penguatan kerja sama pendidikan Indonesia dan Universitas Ryukyus, utamanya di bidang lingkungan dan marine science. 

KBRI Tokyo juga menyelenggarakan pelayanan terpadu kekonsuleran dan pendidikan yang melayani 96 WNI yang tinggal di wilayah Okinawa dan sekitarnya. Di sela-sela pelayanan publik ini, Wakil Dubes John Tjahjanto Boestami  melakukan pertemuan dengan 100 orang WNI dan diaspora Indonesia di Jepang. Peserta temu masyarakat yang hadir secara umum menanyakan terkait isu ketenagakerjaan, perkawinan, dan juga pendidikan. 

Dalam pertemuan itu John Tjahjanto Boestami menyampaikan pentingnya Lapor Diri WNI, utamanya untuk memastikan hak pilih pada pemilu 2024 mendatang. Data imigrasi Jepang menyebutkan jumlah WNI di Okinawa sebanyak 890 jiwa dengan beragam profesi.  

IFD adalah rangkaian kegiatan promosi perdagangan, pariwisata dan investasi, serta pelayanan publik terpadu KBRI Tokyo yang telah diselenggarakan di 11 kota di Jepang sepanjang 2022, yaitu di Sapporo, Osaka, Sendai, Kumamoto, Kesennuma, Mito, Yokohama, Fukuoka, Shizuoka, Toyota, dan Okinawa.

Pertemuan dengan Wakil Gubernur Okinawa

Masih dalam rangkaian IFD Okinawa, Wakil Dubes John Tjahjanto Boestami bertemu dengan Wakil Gubernur Prefektur Okinawa, Teruya Yoshimi membahas potensi penguatan kerja sama dengan Okinawa. serta penjajakan perayaan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia – Jepang di wilayah Okinawa.

“Indonesia terus berkomitmen memperkuat kerja sama dengan Prefektur Okinawa. Sejumlah potensi kerja sama ekonomi dan pendidikan dapat dikembangkan antara Indonesia dan Prefektur Okinawa. Selain kerja sama ketenagakerjaan, Okinawa juga merupakan salah satu pengimpor kayu jati dari Indonesia. Kerja sama riset di bidang lingkungan juga perlu diperkuat. Terima kasih kepada pemerintah Prefektur Okinawa yang memberikan perhatian kepada WNI di Okinawa khususnya saat Covid 19,” kata Wakil Dubes John Tjahjanto Boestami.