JK Ajak Kalangan Pengusaha Bantu Cianjur Pulih Lebih Cepat

MUS • Monday, 5 Dec 2022 - 16:22 WIB

Jakarta - Operasi penanggulangan gempa Cianjur Palang Merah Indonesia (PMI) akan fokus pada pemulihan penyintas bencana. Partisipasi dari banyak pihak disebut akan mempercepat pemulihan Cianjur pascagempa. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PMI Muhamad Jusuf Kalla saat menerima sejumlah donasi dari kalangan korporasi, Senin 5 Desember 2022.

"Pelayanan darurat telah kami berikan ke para penyintas. Selanjutnya, uluran tangan dari saudara-saudara akan sangat berarti untuk mempercepat proses pemulihan," kata JK sapaan akrab Ketum PMI saat berdiskusi dengan sejumlah pengusaha di Ruang Rapat Utama Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Kav. 96, Mampang, Jakarta Selatan.

PMI, kata JK, seperti berada di antara dua tangan; di atas dan di bawah. PMI menyalurkan bantuan dari berbagai kalangan untuk masyarakat terdampak. JK mengatakan, dengan segudang pengalaman membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, secara profesional PMI akan menyalurkannya dalam bentuk barang dan pelayanan.

"PMI sudah menyiapkan rencana operasi untuk enam bulan mendatang. Setala pelayanan darurat, kita akan fokus untuk hunian sementara bagi penyintas," jelas JK.

Selain fokus pada pemenuhan kebutuhan hunian sementara, PMI juga akan terus menjalankan pelayanan darurat seperti distribusi paket makanan, air bersih, paket kebersihan serta perlengkapan bayi untuk penyintas.

PMI menerima donasi dengan total 1,9 miliar rupiah pada Senin (5/12). Sejumlah pihak yang memberikan donasi tersebut yakni Mitsubishi Krama Yudha Group, PT Moya Indonesia, serta dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

"Terima kasih atas dukungan Anda terhadap PMI. Kami akan salurkan bantuan ini dengan sungguh-sungguh untuk membantu masyarakat Kabupaten Cianjur pulih lebih cepat," tukas JK.