Hari Guru Nasional 2022, Guru Binar dengan Platform Merdeka Mengajar Gelar Unjuk Karya Pengembangan Media Pembelajaran

FAZ • Friday, 2 Dec 2022 - 08:01 WIB

Jakarta – Bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional 2022, Guru Binar bersama Platform Merdeka Mengajar gelar Unjuk Karya Pengembangan Media Pembelajaran dengan tema Bersatu untuk Berkarya.

Kegiatan ini merupakan salah satu ruang untuk para pendidik dalam mengekspresikan kreativitas dan inovasi untuk pendidikan Indonesia melalui media pembelajaran yang dirancang. Saat ini para guru juga dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan,

“Peran guru di masa sekarang bukan hanya seorang pengajar, apalagi seseorang yang memberikan penjelasan dalam satu arah, melainkan peran guru sekarang sebagai fasilitator dan motivator bagi siswanya” ucap Juliana, Head of Guru Binar (30/11).

Kegiatan ini dilaksanakan selama bulan November yang diawali dengan lomba pengembangan media pembelajaran. Hingga tanggal 28 November 2022, terkumpul 50 media pembelajaran dan terpilih 5 peserta terbaik yang diundang pada acara puncak rangkaian kegiatan.

Puncak rangkaian kegiatan dinamakan dengan Unjuk Karya Pengembangan Media Pembelajaran yang dilaksanakan pada 30 November 2022. Acara ini dikemas dengan penampilan 5 peserta terbaik dalam bentuk presentasi mengenai Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran yang dibuat, hingga bukti implementasi di dalam kelas.

Widia Utaminingsih, merupakan salah satu peserta yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat menjadi pemenang terbaik pada acara ini menyampaikan bahwa kegiatan ini memberikan motivasi kepada Widia untuk terus mengembangkan kemampuannya

"Terutama ditambah ada masukan membangun dari para juri sehingga saya mengetahui bagian apa yang perlu diperbaiki dan bagian mana yang perlu saya pertahankan” tambah Widia (30/11).

Selama proses berjalannya rangkaian lomba, Guru Binar dengan Platform Merdeka Mengajar juga melaksanakan webinar-webinar dengan topik mengenai pemanfaatan media pembelajaran yaitu Gamifikasi untuk Media Pembelajaran dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Interaktif dengan Live Worksheet sehingga para guru dapat terbantu untuk memperdalam pengetahuannya.

Guru Binar merupakan sebuah platform pengembangan karir guru melalui pelatihan dan beragam pengembangan profesionalisme yang diinisiasi oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) sebagai respon terhadap pandemi Covid 19 dengan tujuan untuk meningkatkan akses pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Saat ini, Guru Binar berkolaborasi dengan Kemendikbud Ristek RI dalam pemerataan implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia melalui Platform Merdeka Mengajar.

Merancang media pembelajaran merupakan bagian dari bahan ajar pada implementasi Kurikulum Merdeka. Melalui adanya media pembelajaran ini, diyakini sebagai salah satu solusi dalam pemulihan pendidikan pasca pandemic Covid-19.

Dengan terlaksananya kegiatan ini bukan hanya dapat menjadi upaya dalam pengembangan kompetensi guru, melainkan juga sebagai sebuah awal dari upaya berkelanjutan dalam pemerataan kualitas guru di Indonesia demi terciptanya generasi muda yang berkualitas.