Wisuda Lulusan Anak Pemberantasan Buta Aksara Kolaborasi OK OCE Kemanusiaan dan YAMSA

MUS • Tuesday, 29 Nov 2022 - 12:21 WIB

Jakarta - OK OCE Kemanusiaan bekerjasama dengan YASMA (Yayasan Abang Mpok Sahabat Anak) serta Kak Seto Homeschooling, menggelar acara kelulusan angkatan pertama dalam program 'Pemberantasan Buta Aksara Anak Usia Sekolah', pada akhir pekan kemarin di Rusunawa Pesakih, Duri Kosambi, Jakarta Barat.

Seiring dengan kegiatan kelulusan tersebut, Salman Khabibi selaku Ketua OK OCE Kemanusiaan menyampaikan sedang membuka kembali program serupa untuk angkatan kedua.

Menurutnya program ini sudah berjalan di dua tempat, sebagai bentuk kepedulian pada pendidikan bangsa. "Program ini sudah terlaksana di Rusunawa Pesakih, untuk memberikan kesempatan pada anak-anak di sekitar sini yang belum mampu membaca, dan diadakan juga di Paud Nelayan Mutiara Bambu Cilincing," ucapnya.

Acara ini dihadiri juga oleh sejumlah pihak, diantaranya Iim Rusyamsi Ketua Umum OK OCE Indonesia, Nur Asia Uno Ketua Umum Yamsa, dan guru-guru dari Kak Seto Homeschooling.

Dalam sambutannya, Iim Rusyamsi mengungkapkan rasa bangga atas terselenggaranya program pendidikan ini. Ia berharap program ini selalu ada dan tetap berjalan dalam membantu anak-anak untuk bisa membaca, terutama anak sekolah.

"Ini adalah inovasi, memberantas buta aksara tidak harus di sekolah," ujarnya. 

Menurut Nur Asia Uno, pendidikan yang terselenggara ini tidak terlepas dari kontribusi semua pihak. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat.

Pada kesempatan yang sama, Nur Asia Uno yang kerap disapa Mpok Nur ini menyatakan semua siswa angkatan pertama lulus baca dan tulis.

Sedangkan Budi, perwakilan dari Kak Seto Homeschooling menyampaikan peran orang tua sangat penting dalam mendukung keberlangsungan pendidikan ini.

"Butuh support yang luar biasa, karena kami selaku penyelenggara tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan orang tua murid," ungkapnya.

Program Pemberantasan Buta Aksara Anak Usia Sekolah ini, didedikasikan untuk mendukung pendidikan di bangsa ini agar lebih maju lagi.

Total ada 9 anak yang diwisuda di angkatan pertama, dan Yamsa kembali membuka program angkatan kedua yang diikuti 6 anak dari Rusunawa Pesakih dan 10 anak dari Paud Nelayan Mutiara Bambu Cilincing. 

Pada akhir acara dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan dari OK OCE Kemanusiaan untuk program angkatan kedua, yang langsung diserahkan oleh Salman Khabibi, Ketua OK OCE Kemanusiaan kepada Ketua Umum Yamsa, Nur Asia Uno yang disaksikan oleh Ketua Umum OK OCE  Iim Rusyamsi, dan seluruh peserta yang hadir.