Kolaborasi Rampak Gendang, Angklung, dan Jaipong Goyang Ratusan Warga Kota Shizuoka Jepang

MUS • Monday, 28 Nov 2022 - 23:23 WIB

Lebih dari 200 warga Jepang, termasuk Wali Kota Shizuoka Nobuhiro Tanabe antusias menikmati kolaborasi Rampak Gendang, Angklung, dan Jaipong dalam acara Indonesia Friendship Day (IFD) yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo di sela-sela acara tahunan Wai-Wai World Festival di kota Shizuoka, pada Minggu, 27 November 2022.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi didampingi Ibu Nuning Akhmadi juga turut bergoyang bersama warga dan Wali Kota Shizuoka diiringi lagu “Mojang Priyangan”.

Kenji Sato, salah satu warga Jepang yang hadir mengaku kagum dengan instrumen tradisional Indonesia yang juga bisa memainkan lagu Jepang.

“Saya kaget, angklung bisa memainkan soundtrack lagu Castle in The Sky, film dari Ghibli, senang sekali mendengarnya, Instrumen tradisional Indonesia bisa memainkan lagu dari Anime Jepang!” ujar Kenji

Sebanyak 18 orang seniman yang tergabung dalam Grup Kabumi (Keluarga Besar Bumi Siliwangi), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) didatangkan khusus oleh KBRI Tokyo dari Jawa Barat untuk memeriahkan acara. 

Dalam pertemuan dengan Wali Kota Shizuoka Nobuhiro Tanabe, Dubes Heri mengajak pemerintah kota Shizuoka untuk memeriahkan program Indonesia - Japan Friendship Day (IJFD) KBRI Tokyo 2023 mendatang dalam memperingati 65 tahun hubungan Indonesia - Jepang. 

"Saya mengajak partisipasi aktif kota Shizuoka dalam IJFD 2023 mendatang. Saya berharap hubungan kerja sama Indonesia-Jepang khususnya kota Shizuoka di masa mendatang akan semakin erat," ujar Dubes Heri yang juga didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie dan Atase Kehutanan Zahrul Muttaqin.

Wali Kota Shizuoka Wali Kota Shizuoka Nobuhiro Tanabe menyatakan kesiapan kota Shizuoka dalam memeriahkan (IJFD) KBRI Tokyo 2023. Ia berharap peringatan 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang dapat berlangsung meriah di 2023 mendatang.

*Dialog KBRI Tokyo dengan Masyarakat Indonesia di Shizuoka*

Rangkaian kegiatan Indonesia Friendship Day di Shizuoka ditutup dengan Dialog KBRI Tokyo dengan masyarakat Indonesia yang bermukim di Shizuoka. Hadir mewakili Dubes Heri Akhmadi, Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie,  Atase Kehutanan Zahrul Muttaqin dan Diplomat Muda Jurman Saputra Nazar. 

Dalam sambutannya Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie menyampaikan apresiasinya kepada warga Indonesia di Shizuoka atas suksesnya penyelenggaraan IFD KBRI Tokyo di Shizuoka yang berkolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Shizuoka. 

Dialog dengan masyarakat Indonesia yang berlangsung di Kita Halal Mart ini berlangsung hangat. Masyarakat yang hadir memanfaatkan pertemuan ini dengan mengajukan berbagai hal di antaranya seputar masalah pernikahan, keiimigrasian dan pendidikan untuk anak.