Komeng dan Koplak Hibur Masyarakat Terdampak Gempa Cianjur

MUS • Monday, 28 Nov 2022 - 16:37 WIB

Cianjur - Pelawak kondang Alfiansyah alias Komeng bersama Komando Pasukan Lawak (Koplak) PMI mendampingi sejumlah anak di hunian darurat korban gempa Cianjur, Lapangan Prawatasari, Kampung Joglo, Desa Sawah Gede, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Senin 28 November 2022. Koplak menyuguhkan sejumlah penampilan untuk membantu anak pulih dari trauma akibat bencana.

Komeng yang juga menjabat Pengurus Bidang Bencana PMI Kabupaten Bogor ini menjelaskan, koplak merupakan relawan PMI yang dibentuk untuk layanan dukungan psikososial PMI. Layanan utama dalam respons PMI ini bertujuan membantu penyintas bencana pulih dari trauma akibat bencana.

“Kami tidak punya niatan lain, kami tulus ingin membantu dengan kemampuan kami. Kami mampunya menghibur, ya kami bantu dengan hiburan,” jelasnya.

Anak-anak dan masyarakat di pengungsian tersebut diajak bermain oleh Koplak PMI. Koplak yang juga mengajak Aku Badut Indonesia (ABI) nampak suskses memancing gelak tawa anak-anak dan orang dewasa di lokasi tersebut. Koplak juga sempat mengunjungi Pos Aju 1 PMI di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri menyebutkan, layanan Psychosocial Support system (PSP) telah menjangkau 492 jiwa pada hari kedelapan respon Tanggap Darurat Bencana Gempa Cianjur. Relawan PSP dari dari sejumlah  PMI Daerah bergabung dalam operasi ini.

“Anak itu kan kelompok rentan, selain kita harus penuhi kebutuhan dasar saat darurat, kita juga harus penuhi kebutuhan bermain dan sebagainya,” kata Fikri.