Bitung Dan Manado Pecahkan Rekor Jadi 30 Besar Kota Terbaik Se-Indonesia Versi Bappenas

ANP • Monday, 28 Nov 2022 - 09:37 WIB

BITUNG - Bitung dan Manado terpilih oleh Para juri panel, yang terdiri dari para pakar dalam Bidang Pembangunan berkelanjutan,  masuk dalam 30 besar Kota terbaik se Indonesia, dalam mengimplementasikan Prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Hal tersebut dikonfirmasi oleh PLT Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Bappenas / Kementerian PPN, Dr. Vivi Yulaswati, yang juga adalah anggota panelis Juri Penilaian tersebut (Jakarta, 27/11/22). 

Proses seleksi ini dilakukan dalam rangka pemberian penghargaan melalui kerjasama Kementerian PPN atau Bappenas, PT. Surveyor Indonesia, dan APEKSI dalam program yang disebut I-SIM for Cities. Para Juri yang melakukan seleksi terdiri dari para ahli dalam berbagai bidang, mulai dari Ekonom Sumber Daya Lingkungan, Staf Khusus Presiden RI, Duta Pembangunan Berkelanjutan, Media dan Perwakilan sektor swasta.


30 Kota tersebut terseleksi dari 98 Kota se-Indonesia, yang kemudian meloloskan 74 Kota yang terverifikasi memenuhi administrasi data yang menunjukkan implementasi dalam pengelolaan kota-kota tersebut. Dari 30 besar tersebut, akan dipilih 3 Kota Terbaik yang akan diberikan penghargaan langsung di Istana Negara Bogor,  pada tanggl 30 November 2022 nanti.

“Sebagai anak Indonesia Timur, saya merasa sangat bangga bahwa 2 Kota ini, mewakili Indonesia Timur, berhasil masuk 30 Besar bersanding dengan kota-kota maju lainnya yang sebagian besar adalah di Tanah Jawa”, Ujar Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI asal Papua, yang juga adalah Duta Pembangunan Berkelanjutan Bappenas.

Kota Bitung berhasil memikat juri dengan visi dan misi Walikotanya: Maurits Mantiri,  untuk menjadikan Bitung Kota Digital, dan rencana pengelolaan sampah otomatisnya menaikan skor keseluruhan. Program RUANG SEPAKAT berhasil memikat para juri, dan peluncuran Pusat Inovasi dan Kewirausahaan Masyarakat (PIKM) juga menunjukkan komitmen walikota menjadikan Bitung sebagai kota berbasis Inovasi dan Digital. 

Kota Manado Bahkan masuk dalam 15 Besar dan memikat para juri dengan Program PANADA LINI yang menyatukan data informasi kota dalam satu platform Digital. Sistem informasi ini memampukan Kota Manado membuat keputusan pembangunan yang akurat karena berdasarkan data langsung dari masyarakat.

“Saya sekali lagi mengucapkan selamat kepada kedua Kota ini, dan ini merupakan penghargaan berskala nasional yang harus di apresiasi oleh seluruh Pihak. Saya optimis, di tahun-tahun mendatang, Kota Bitung atau Kota Manado bisa menjadi yang terbaik di seluruh Indonesia, selama Kedua Kota ini memperhatikan masalah pengelolaan sampahnya. Kalau ini telah terselesaikan, angka penilaiannya akan melonjak jauh”, Ucap Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi dan Pendidikan, Billy Mambrasar.