Antusiasme Warga dan Wali Kota Toyota Hadiri Indonesia Friendship Day di Toyota Jepang

MUS • Monday, 28 Nov 2022 - 07:47 WIB

KBRI Tokyo berkolaborasi dengan Toyota Indonesia Group (TIG) dan Toyota Internasional Association (TIA) selenggarakan promosi dan pelayanan publik terpadu bertajuk Indonesia Friendship Day di Kota Toyota, Jepang pada 25 - 27 November 2022.

Lebih dari 2.000 Warga Jepang dan Warga Negara Indonesia hadir dan memadati area Toyota Ecoful Town untuk mendapatkan layanan paspor, perekaman data E-KTP, hingga menikmati sajian seni, budaya, dan kuliner Indonesia. Tampak para pengunjung menikmati sajian tarian nusantara dan berjoget dengan alunan musik dangdut.

Dalam kegiatan pelayanan kekonsuleran, keimigrasian, dan pendidikan di IFD kota Toyota ini, KBRI Tokyo melayani lebih dari 900 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Toyota, Aichi dan sekitarnya. 

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi di sela-sela penyelenggaraan IFD melakukan pertemuan dengan Wali Kota Toyota Ota Toshihiko. Kepada Wali Kota Toyota, Dubes Heri yang hadir bersama Ibu Nuning Akhmadi, mengajak kerja sama dalam peringatan 65 tahun hubungan Indonesia - Jepang di 2023 mendatang. 

"Dalam memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang, program IFD akan berlanjut dengan Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) 2023 mendatang. Diharapkan nantinya di Toyota bisa digelar dengan lebih meriah lagi," ujar Dubes Heri yang juga didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie, Atase Imigrasi Marina Magdalena Harahap, Atase Pertahanan Kol. (Pnb) Andi Nur Abadi dan Atase Pendidikan Yusli Wardiatno. 

"Saya juga mengajak Bapak Wali Kota dapat berkunjung ke Pelabuhan Patimban Subang dan untuk ke depannya terbuka ruang kerja sama yang lebih luas dengan Toyota," tambahnya. 

Wali Kota Toyota Ota Toshihiko menyambut baik ajakan Dubes Heri untuk memeriahkan peringatan 65 tahun hubungan Indonesia - Jepang dan mengunjungi Pelabuhan Patimban Subang. 

"Kami siap menyambut peringatan 65 tahun hubungan Indonesia - Jepang melalui pertunjukan seni yang dapat dinikmati masyarakat Jepang dan Indonesia. Kami juga siap berkunjung ke Pelabuhan Patimban sekaligus menjajaki potensi kerja sama Toyota dengan Pemerintah Kabupaten Subang," kata Ota Toshihiko. 

Selain Wali Kota Toyota, IFD di kota Toyota ini juga dihadiri Konsul Kehormatan (Konhor) Nagoya Sugimoto Hideo, Ketua TIA Toyoda Akiko, Ketua TIG Moelyono dan Rifai.

"KBRI Tokyo senantiasa mempromosikan potensi ekonomi dan sosial budaya Indonesia kepada publik Jepang sekaligus meningkatkan pelayanan perlindungan WNI. Ini semua kami rangkai dalam kegiatan IFD di lebih dari 11 kota di Jepang," demikian dikatakan Dubes Heri Akhmadi yang turun langsung dalam pelayanan tim KBRI Tokyo.

WNI yang mengikuti pelayanan dalam IFD KBRI Tokyo di kota Toyota ini juga berkesempatan berdialog dengan Dubes Heri Akhmadi. Berbagai permasalahan diungkap dalam dialog ini mulai dari isu kekonsuleran, ketenagakerjaan, hingga pelayanan pendidikan.