Pasca Gempa Cianjur, PMI Distribusi 300 Ribu Liter Air Bersih 

MUS • Sunday, 27 Nov 2022 - 16:49 WIB

Cianjur - Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan belasan armada truk tangki ke 50 titik penungsian secara rutin untuk mendistribusikan air bersih. Hingga hari ketujuh respon Gempa Cianjur, PMI telah mendistribusikan 300 ribu liter lebih. Layanan ini ditaksir telah menjangkau 9.000 jiwa lebih.

Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri menerangkan, air yang kotor dapat menyebabkan berbagai penyakit, khususnya pascabencana.

Oleh karena itu, PMI mengerahkan Tim Sanitasi dan Kebersihan (water, sanitation, and hygine) untuk mendistribusikan air bersih. Belasan armada yang dioperatori relawan dimobilisasi setiap pagi hingga sore. 

“Kami mewaspadai penyakit-penyakit seperti diare, gangguan kulit, dan sebagainya. Tim (wash) ini juga membantu warga untuk membuatkan sanitasi dan kebersihan,” katanya.  

PMI telah mendistribusikan puluhan tandon air untuk memenuhi kebutuhan pengungsi. Tandon air tersebut akan rutin diisi setiap hari sampai fasilitas air bersih kembali pulih.

Koordinator Wash Tanggap Darurat Bencana (TDB) Gempa Cianjur, Darwin mengatakan, relawan dari berbagai PMI daerah dimobilisasi untuk membantu operasi ini.

“Ada lebih dari 20 relawan setiap hari yang operatori layanan ini. Kami sedang fokus untuk menyebarkan titik distribusi air dengan memasang tandon agar lebih mudah dijangkau,” kata Darwin.