Erick Thohir Antusias Wine Coffee Produk UMKM Samosir

ANP • Sunday, 27 Nov 2022 - 16:30 WIB

Medan - Menteri BUMN, Erick Thohir sangat antusias menerima Toba Wine Coffee, wine coffee yang merupakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menangha (UMKM)  kabupaten Samosir  Sumatera Utara. 

Erick Thohir yang sedang mengikuti proses Mangalat Horbo di acara Tao Toba Heritage Fest, Lapo Inn, Tomok kabupaten Samosir, Sabtu (26/11/2022), beberapa kali mengajukan pertanyaan seputar Toba Wine Coffee kepada praktisi pariwisata Sumatera Utara, Renhard Sidabutar yang memberi wine coffee tersebut,

Toba Wine Coffee adalah produk unggulan UMKM Samosir terbaru yang dibuat dari biji kopi arabica yang hidup di daerah Toba, diproses dengan cara fermentasi selama 40 hari dengan teknik khusus sehingga menghasil rasa khas wine. Produk ini terwujud dari hasil kerjasama Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagei dengan Pemerintahan Kabupaten Samosir melalui Tim Percepatan Perbangunan kedua belah pihak.

Founder  Toba Wine Coffee Sutristo, mengungkapkan, pada 12 September 2022, dirinya bersama Tim Percepatan Pembangunan Serdang Bedagai (TPP Sergai),  Ketua Masyarakat Ikan Gabus Indonesia, Yunan Rhedian, Dewan UMKM Sergai Riswan, dan Praktisi Pariwisata Kab. Samosir Reinhard Sidabutar melakukan audensi ke Bupati Samosir. Dari pertemuan ini, dimunculkan ide untuk membuat suatu produk UMKM, yang bisa menjadi ikon dari Samosir. 

Menurut Sutristo, Samosir merupakan destinasi pariwisata super prioritas yang mempunyai potensi sangat besar untuk menarik minat wisatawan, untuk itu diperlukan adanya kerja sama dalam menciptakan produk UMKM yang bisa  menjadi ikon dan produk UMKM unggulan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samosir. 

Menurut Direktur PT Mega Medica Pharmaceuticals ini, Samosir sebagai salah satu daerah pertanian, dengan sentra produksi komoditi kopi, memiliki peluang yang sangat besar untuk menghasilkan produk unggulan. 

“Produk turunan dari kopi yang mampu menjadi ikon pariwisata dan masyarakat Samosir, yang kemudian berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Sutristo kepada wartawan, Minggu (27/11/2022) di Medan.
Masih Sebatas Biji Kopi

Sutristo menambahkan, saat ini harga kopi di pasaran dunia tidak menentu. Jika harga kopi turun, maka akan berdampak pada naik turunnya harga kopi dalam negeri. Kondisi yang demikian tentunya juga mempengaruhi pendapatan dan kesejahteraan petani kopi.

Sutristo mengharapkan Samosir bisa  membangun sistem industri kopi yang berkelanjutan sehingga terbangun sistem bisnis yang lebih luas.Menurutnya, ada tantangan besar dalam membangun keberlanjutan kopi di Indonesia, terutama di bagian hulu. Sebab, kondisi hilir yang jelek dapat berdampak pada bagian hulunya. Artinya membangun industri kopi harus dari hulu hingga hilir, tidak bisa setengah-setengah.

“Konsep berpikirnya kita jangan hanya bisa sampai biji kopi, tapi bisa menciptakan produk turunan kopi, seperti wine coffee dan minyak kopi. Selama ini, Samosir hanya bisa sampai ekspor biji kopi, kan sayang. Padahal potensinya besar,” kata Sutristo.

Ia menambahkan, dengan hadirnya produk UMKM Wine Coffee ini, akan mampu meningkatkan PAD Kabupaten Samosir dan juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani dan masyarakat daerah sekitar. “Harapan saya mudah mudahan bisa menjadi oleh oleh khas Samosir,” kata Sutristo lagi.