Kartu Prakerja Ajak Mahasiswa Aceh Raih Peluang Kreatif di Era Gig Economy

ANN • Thursday, 24 Nov 2022 - 20:17 WIB

Banda Aceh - Saat ini adalah era gig economy, yaitu maraknya peluang kesempatan kerja jangka pendek yang sesuai dengan minat dan kreativitas, serta dapat berkembang menjadi profesi. Tren gig economy ini menyediakan peluang karir tanpa hambatan, independen, bekerja dari mana saja, dan tak terikat dalam waktu lama.

Hal ini dikatakan Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, dihadapan lebih dari 500 mahasiswa di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Kamis (24/11/2022).

Denni memberikan motivasi kepada para mahasiswa sebagai dosen tamu dalam kuliah umum bertopik “Generasi Muda Berdaya dan Berkarya dengan Kartu Prakerja”.

“Salah satu skill penting yang dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan adalah bagaimana kita bisa mendisiplinkan diri. Bisa bangun pagi, belajar lebih lama, dan lain-lain. Mental inlander (atau mental orang yang dijajah) tak lagi berlaku. Anak muda harus berani punya target sendiri,” kata Denni.

Denni mengutarakan, saat ini ada beberapa profesi yang sangat populer dan menjanjikan di kalangan anak muda, seperti vlogger, video creator, fotografer, penulis jurnalisme publik, programmer, hingga komedian. Selain itu, banyak juga peluang untuk menjadi pelaku wirausaha atau pendiri berbagai perusahaan baru.

Program Kartu Prakerja sebagai program peningkatan keterampilan dari pemerintah, hadir menawarkan solusi. Berjalan hampir tiga tahun, Program Kartu Prakerja telah memberikan pelatihan sekaligus menyalurkan bantuan sosial secara online bagi 16,4 juta penerima manfaat dari 514 kabupaten kota se-Indonesia. 

Dari jumlah itu, 440 ribu orang di antaranya berdomisili di Aceh dengan total dana bantuan tersalurkan ke provinsi ini mencapai Rp 972 miliar.

Denni menyemangati para mahasiswa untuk terus menjadi pembelajar sejati. Ilmu tak akan datang untuk orang bebal yang merasa ilmunya sudah cukup. 

“Tetaplah rendah hati. Ilmu itu akan datang untuk orang-orang yang selalu ingin belajar. Punyailah sikap learn, unlearn, dan relearn. Lepaskan semua yang bercokol pada dirimu untuk terus haus membuka wawasan baru,” jelasnya.