Ringankan Beban Korban Gempa Cianjur, PTPN III (Persero) Serahkan Bantuan Sembako

FAZ • Thursday, 24 Nov 2022 - 13:51 WIB

Jakarta – Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero)  menyerahkan sejumlah bantuan berupa sembako, perlengkapan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) serta peralatan rumah tangga, kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat pada Rabu (23/11/2022).

Bantuan yang merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tersebut, diserahkan langsung oleh Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani bersama Direktur Umum, Doni P. Gandamihardja. "Kami turut berbelasungkawa, semoga keadaan masyarakat terdampak gempa di Cianjur bisa cepat membaik,” ungkap Abdul Ghani.

Dalam kesempatan itu, Abdul Ghani juga meninjau salah satu unit kerja PTPN VIII yang terdampak, yakni Kebun Gedeh. Di lokasi tersebut, ratusan rumah karyawan, kantor induk, pabrik pengolahan teh, serta fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya rusak setelah diguncang gempa.

“Saya telah menginstruksikan untuk fokus dalam penanganan Darurat Bencana selama dua minggu ke depan. Secara pararel, rumah yang mengalami rusak ringan dan sedang untuk segera diperbaiki sehingga berangsur-angsur pengungsi dapat kembali ke rumah, khususnya untuk lansia dan anak-anak,” ujar Abdul Ghani.

Abdul Ghani mengungkapkan, bencana yang terjadi di Cianjur menjadi duka bersama.  Bantuan tersebut, diharapkan dapat membantu meringankan beban korban.

“Mari kita doakan agar korban bencana alam gempa bumi, khususnya karyawan PTPN VIII yang bertugas di Kebun Gedeh senantiasa diberikan kekuatan dan kesabaran,” tuturnya.

Dari data yang dihimpun oleh PTPN VIII korban terdampak bencana gempa bumi cianjur, terutama di wilayah PTPN VIII yaitu Kebun Gedeh dari 4 blok rumah karyawan total yang terdampak oleh bencana gempa bumi adalah 420 jiwa dari 147 kepala keluarga, dengan kerusakan sedang sebanyak 20 rumah, rusak berat 42 rumah, ambruk sebanyak 26 rumah.

Dari data tersebut PTPN III memberikan bantuan logistik berbentuk kardus yang berisi kebutuhan pangan seperti, beras, mie instan, air mineral, biscuit, makanan bayi, telur, susu, kopi, roti, abon, minyak goreng dan makanan lain-lain.

Untuk kebutuhan obat-obatan juga masih terus dilengkapi seperti obat tablet, minyak kayu putih, kasa, plester, betadine. Untuk lokasi pemberian bantuan masih sekitar wilayah kebun gedeh PTPN VIII.

“Manajemen PTPN VIII sangat  berterimakasih atas perhatian jajaran Direksi Holding dan dukungan selama tanggap darurat di Kebun Gedeh, sekarang kita akan fokus pada proses recovery psikologis karyawan berserta keluaganya dan perbaikan sarana prasarana di Kebun.” Ujar Hariyanto selaku SEVP PTPN VIII.