Ketua FPKS DPR Instruksikan Seluruh Anggota Potong Gaji Bantu Korban Gempa Cianjur

MUS • Wednesday, 23 Nov 2022 - 09:07 WIB

Jakarta - Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menginstruksikan Anggota Legislatif PKS pusat hingga daerah khususnya di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jabar untuk memotong gaji guna membantu korban bencana gempa bumi Cianjur. Hal itu merespon besarnya korban jiwa, pengungsi, dan kerusakan infrastruktur di Cianjur.

“Fraksi PKS menyampaikan duka cita mendalam seraya berdoa agar Allah meringankan korban gempa di Cianjur. Dan sebagai bentuk empati dan kepedulian, Fraksi PKS menghimpun dana bantuan dari potongan gaji anggota bulan ini,” ungkap Jazuli.

Ketua Fraksi PKS DPR ini mengatakan sudah menjadi komitmen PKS untuk selalu hadir di tengah-tengah bencana bersama elemen bangsa lainnya yang juga sudah bergerak sejak kemarin terjadi gempa. 

Struktur dan kader PKS sendiri, lanjut Anggota DPR Dapil Banten ini, sudah bergerak mendirikan posko, mensiagakan ambulance dan obat-obatan, serta mendistribusikan bantuan yang diperlukan segera oleh masyarakat. Tentu dengan koordinasi bersama aparat dan pemerintah setempat.

Prioritas utama menyelamatkan korban jiwa yang sebagiannya masih tertimpa reruntuhan dan longsor serta mengevakuasi warga yang masih terjebak di beberapa wilayah yang terputus aksesnya.

“Alhamdulillah baik pemerintah, aparat, ormas, dan masyarakat telah ikut bergerak secara kolektif membantu korban. Fraksi PKS memberikan apresiasi atas inisiatif peran dan tanggung jawab kemanusiaan ini. Mudah-mudahan ikhtiar ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah,” pungkas Jazuli.

Laporan BPBD pada tanggal 21 November menyebutkan korban jiwa gempa bumi di Kabupaten Cianjur 162 jiwa. Selain korban tewas, laporan BPBD tersebut juga mencatat gempa tersebut juga menyebabkan 362 orang luka ringan hingga berat, 2.345 rumah rusak berat, dan 13.400-an orang mengungsi