PMI Siapkan Air Bersih dan Dapur Umum Pasca Gempa Cianjur

MUS • Tuesday, 22 Nov 2022 - 14:07 WIB

Cianjur - Palang Merah Indonesia (PMI) mulai hari ini (22/11) akan mendistribusikan air bersih kepada para penyintas pasca gempa yang melanda Kab. Cianjur Jawa Barat, pada (21/11). Selain mendistribuskan air, PMI juga menyiapkan dapur umum untuk makan pagi, siang dan malam sebanyak 150 Porsi / hari.

Herry Hidayat, koordinator lapangan PMI Kab. Cianjur mengatakan, “Fokus dari air bersih kita lakukan di wilayah Kecamatan Cugenang, di Desa Nagrak dan Garogol. Untuk dapur umum kita juga ke wilayah Cugenang yang menjadi salah satu Kecamatan terdampak terparah akibat gempa yang terjadi."

Lebih lanjut Herry menjelaskan, PMI tetap membantu untuk melakukan evakuasi beserta asesmen (kaji cepat) di wilayah terdampak dan melakukan Pelayanan Pertolongan pertama (PP) di wilayah Cugenang. Dengan fokus di 5 titik Desa yaitu, Cariu, Gasol, Nagrak, Benjot dan Garogol.  

“PMI memobilisasi 5 Unit ambulans serta personel medis serta Relawan untuk melakukan asesmen lebih lanjut serta evakuasi, karena masih banyak warga yang masih tertimbun direruntuhan akibat gempa,” jelas Herry.

Sampai saat ini, markas PMI Kab. Cianjur menjadi tempat singgah dari beberapa pasien yang tidak tertampung di Rumah Sakit. Sekitar 43 pasien berada di PMI Kab. Cianjur. 

Herry juga mengjmbau kepada masyarakat Kab. Cianjur apabila terjadi gempa susulan dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut; 

1. Jangan Panik, menjauh dari benda-benda seperti tiang, pohon, atau benda-benda yang mengancam keselamatan. 

2. Menunduk dan jangan coba berjalan atau berlari. 

3. Lindungi kepala dengan tangan apabila memungkinkan. 

4. Jangan bergerak hingga gempa selesai. 

5. Setelah gempa selesai segera evakuasi diri ke tempat yang aman 

6. Berkumpul dan jangan kembali ke rumah

7. Hubungi pihak berwenang untuk mendapatkan bantuan, serta pantau informasi melalui media seperti radio, televisi atau internet. 

Dalam respon bencana yang ditetapkan oleh pemerintah Kab. Cianjur mulai 21 November hingga 20 Desember 2022, PMI menyiapkan Hotline dan Bantuan bagi warga yang membutuhkan di nomer +62 858-2787-1110.