PMI Jadi Tuan Rumah Pelatihan Akbar Tingkat Asia Pasifik untuk Program Air, Sanitasi, dan Kebersihan

MUS • Monday, 21 Nov 2022 - 16:26 WIB

Bandung – Palang Merah Indonesia (PMI) menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan pelatihan untuk program air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) pada tanggal 21-25 November 2022 di Bandung, Jawa Barat, dengan 33 peserta dari 9 negara yakni Bangladesh, Myanmar, Nepal, Pakistan, Samoa, Thailand, Timor-Leste, Malaysia, Indonesia, dan Kenya. 

Kegiatan pelatihan darurat untuk air, sanitasi, dan keberihsan ini bertujuan untuk menguatkan kapasitas respon darurat kesiapsiagaan air, sanitasi, dan kebersihan oleh Palang Merah Jepang (Japanese Red Cross Society) melalui Kantor Regional Asia Pasifik (Asia Pacific Regional Office atau APRO). 

“Prioritas PMI dalam meningkatkan ketangguhan masyarakat terutama dalam respon darurat sangatlah penting. Pelatihan respon darurat bersama negara Asia Pasifik lainnya menjadi sarana belajar dan bertukar ide bagi PMI dengan Perhimpunan Nasional lainnya,” ucap Sekjen PMI, Sudirman Said. 

“Kegiatan pelatihan respon darurat dalam program Air, Sanitasi, dan Kebersihan diharapkan bisa meningkatkan kapasitas perhimpunan nasional untuk mendukung ketangguhan masyarakat,” ujar Elkhan Rahimov, Kepala Delegasi IFRC CCD Indonesia, Brunei Darussalam, Singapore dan Timor-Leste, dan Perwakilan IFRC untuk ASEAN.

“Melalui kegiatan pelatihan ini, negara-negara Asia Pasifik dapat lebih memahami implementasi program Air, Sanitasi, dan Kebersihan, terutama jika diperlukan dalam respon tanggap darurat,” tambah Wendy Neoh, Staff Senior Emergency WASH APRO.

Asia Pasifik merupakan wilayah dimana bencana sering terjadi dibanding wilayah lainnya. Sangat penting untuk tidak hanya memastikan kelompok terdampak mendapatkan fasilitas air, sanitasi, dan kebersihan yang layak, tapi juga memberikan pesan-pesan kebersihan untuk mengurangi risiko penyakit yang ditularkan melalui air.