Peringati Hari Pahlawan, PYC Gelar Lomba Menyanyi Anak Lagu Daerah

ANP • Monday, 21 Nov 2022 - 10:15 WIB

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Purnomo Yusgiantoro Center mengadakan kegiatan Lomba Menyanyi Anak dengan tema Lagu Daerah Asal Pahlawan. Tema ini diusung untuk meningkatkan rasa nasionalisme generasi muda, khususnya terhadap pahlawan yang sudah berjasa bagi kemerdekaan Indonesia. Pada Grand Final Lomba Menyanyi Anak, 20 finalis muda berbakat hadir untuk bernyanyi secara live dengan pakaian daerah yang beragam.

Rangkaian lomba ini dimulai dengan tahap pendaftaran secara daring pada bulan Oktober, dan berakhir pada puncak acara Grand Final Lomba Menyanyi Anak yang diselenggarakan tanggal 19 November 2022 di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat. Lomba ini terbagi dalam 2 kelompok kategori usia yaitu kategori I untuk usia 7-10 tahun dan kategori II untuk usia 10—12 tahun. Terdapat 90 peserta dari berbagai provinsi se-Indonesia,mulai dari Sumatera sampai Bali. Dari semua peserta, panitia memilih 10 finalis dari masing-masing kategori untuk tampil live di Jakarta.

Setiap finalis melakukan presentasi singkat tentang pahlawan nasional yang dipilih dan kemudian menampilan lagu tradisional dari daerah asal pahlawan tersebut. Lagu yang dipilih pun beragam, dari Lancang Kuning (Kepulauan Riau), Anoman Obong (Jawa Tengah), O Ina Ni Keke (Sulawesi Utara), hingga Ratu Anom (Bali). Para finalis juga mengenakan baju daerah tradisional yang berwarna-warni untuk melengkapi penampilan mereka masing-masing.

Sebagai pembuka acara, Filda C. Yusgiantoro selaku Ketua Umum PYC menjelaskan bahwa tema ini dipilih agar generasi muda dapat merenungkan kembali bagaimana para pahlawan sudah berjasa bagi Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdemokrasi.

Pendiri PYC, Purnomo Yusgiantoro juga turut menyambut para peserta. "Pengabdian kepada negara dapat datang dalam bentuk apa saja, di antaranya adalah dengan bernyanyi," tutur Prof. Purnomo dalam kata sambutannya.

Terdapat 3 juri dalam kegiatan lomba ini, yaitu Meisye Camelia, Klaudius L. Robby Jama, keduanya pelatih vokal di Delon Vocal Studio, dan Delon Thamrin, Runner-Up Indonesian Idol musim pertama. Ketiga juri turut bangga dan kagum atas bakat yang dimiliki anak-anak sejak usia muda.

"Kalau ada lomba (menyanyi) lagi, kalian harus terus ikut untuk memperkaya (pengalaman), dan juga untuk menguatkan kalian, agar kalian dapat menampilkan nyanyian yang paling bagus." ujar Delon saat memberikan penilaian kepada para finalis.

Delon juga membawakan lagu Indonesia Jaya dan Karena Cinta, bersama dengan Meisye dan Robby, yang berhasil memukau penonton dan peserta.

Pada akhir acara, PYC menyebut lima orang juara dengan urutan yang ditentukan oleh dewan juri. Berikut adalah urutan juara Kategori I (Nama-Sekolah Asal-Lagu-Pahlawan yang dipresentasikan):

1. Skolastika Btari Pandan Wangi-SD Notre Dame, Jakarta-Ondel-Ondel-Ismail Marzuki

2. Nanda Aussie Irawan-SD Harapan I, Medan-Butet-Djamin Ginting

3. Ashira Agustine Elvetta-SDN Kalierang 01, Brebes, Jawa Tengah-Anoman Obong-Jenderal Sudirman

4. Syalom Given Erlius-SDS Melania III, Jakarta Pusat-Yamko Rambe Yamko-Frans Kaisiepo

5. Salman Hosea Laome Obe-SD Advent 7 Rawamangun, Jakarta-Bolelebo-Sobe Sonbai III

Berikut adalah urutan juara Kategori II (Nama-Asal Sekolah-Lagu-Pahlawan yang dipresentasikan):

1. Milka Khendita Hanum-SDN Cipulir 01, Jakarta-Manuk Dadali-Raden Dewi Sartika

2. Intanie Dilly Melody-SMP Ma'arif NU, Jakarta-Kicir-kicir-Benyamin Sueb

3. Victoria Angela Paulus-Sekolah Murid Merdeka, Jakarta-Bubuy Bulan-Mohammad Toha

4. Carissa Angel Indyra Putri-SD Ora et Labora BSD, Tangerang-Suwe Ora Jamu-RA Kartini

5. Bernike Dian Kristinasih-SMP Kesatuan Bangsa, Magelang-Cublak Cublak Suweng-Pangeran Diponegoro

Selain itu, PYC juga membuka voting untuk pemilihan Juara Favorit. Berikut adalah pemenang Juara Favorit:

1. Kategori I : Hanna Shakila Inara

2. Kategori II : Ben David

Kegiatan Grand Final yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 November 2022 ini berlangsung selama kurang lebih 5 jam dan berakhir pada pukul 14.00 WIB.