MEDIEVAL: Kisah Nyata Tokoh Ikonik Perang, Jan Zizka

MUS • Tuesday, 15 Nov 2022 - 16:23 WIB

Genre: History, Action, Drama
Sutradara: Petr Jakl
Production: Highland Film Group & The Avenue
Pemeran: Ben Foster, Sophie Lowe, Michael Caine, Til Schweiger, Rolland Moller, Matthew Goode, William Moseley
Durasi: 125 Menit

Satu hal yang saya syukuri setelah menonton film ini adalah saya hidup pada masa dimana perang sudah tidak ada. Menonton Medieval sangat mempengaruhi psikis saya, pasalnya adegan perang yang disuguhkan sangat luar biasa terlihat nyata. 

Berkisah tentang seorang ikon sekaligus panglima perang dari Ceko pada abad ke-15, Jan Zizka (Ben Foster). Ia adalah pemimpin perang yang berhasil mengalahkan tentara Ordo Teutonik dan Kekaisaran Romawi yang memimpin pada saat itu. 

Jan Zizka dikenal sebagai panglima perang andal dari Ceko pada abad ke-15. Dia punya reputasi sebagai orang yang tak pernah kalah, meski pada pengujung hidupnya Zizka kehilangan penglihatan. 

Kisah masa muda Zizka diadaptasi ke dalam film berjudul Medieval yang rilis pada Bulan September 2022 di Ceko, sedangkan menurut informasi di laman 21 Cineplex, film tersebut masih dalam status coming soon di Indonesia.

Pada masa itu, Raja Bohemia dan Kaisar Romawi Wenceslas IV mengambil alih tahta dari ayahnya, Charles IV. Kerajaannya tidak begitu besar membuat kerajaan dalam bahaya. 

Di lain sisi, Henry III dari Rosenberg (Til Schweiger), bangsawan paling kuat di negeri itu, terus mengambil properti dan memungut pajak dari rakyat jelata hingga kelaparan dan pemberontakan dari rakyat terus terjadi.

Jan Zizka ada di tengah konflik politik dan kekacauan yang terjadi. Perebutan tahta kerajaan antara Raja Bohemia dengan saudara tirinya, King Sigismund (Matthew Goode) diperparah dengan kekerasan yang terus terjadi kepada rakyat yang disebut tidak mematuhi aturan raja. 

Rakyat yang digantung di pohon sampai mati, orang-orang sekarat dengan tubuh terhujam bambu tajam, darah yang memenuhi sungai dengan prajurit berkuda membawa senjata dan menebas orang-orang yang dianggap tidak patuh terhadap perintah kerajaan mewarnai sebagian besar adegan di dalam Film Medieval.

Seakan tidak puas hanya dengan memperlihatkan adegan mengerikan tersebut, Petr Jakl juga membawa premis cerita berdasar kisah nyata ini dengan memperlihatkan sisi lemah Jan Zizka sebagai seorang pria yang kehilangan wanita yang ia cintai dengan cara yang tidak adil. 

‘Hukum Raja adalah Hukum Tuhan’ yang diperlihatkan dalam Medieval mampu membuat saya meringis ngeri membayangkan saya hidup dalam masa dimana banyak perang terjadi hanya karena perebutan tahta dan rakusnya bangsawan membuat rakyat mati karena kelaparan.

Tidak hanya tahta, Petr Jakl memborong semua premis yang sejatinya memang menjadi inti permasalahan dalam film ini. Harta, tahta dan wanita diangkat dan disuguhkan dalam Medieval. Kepentingan politik membuat Jan Zizka yang merupakan ksatria sekaligus tentara bayaran diminta untuk menculik Katherine (Sophie Lowe) yang merupakan keponakan dari Raja Perancis saat itu. 

Katherine dinilai bisa membuat Kerajaan Bohemia lebih maju hingga jaminan akan sebuah kekuasaan. Di tengah konflik perebutan kekuasaan itu, hingga perang dan adegan mengerikan yang disuguhkan sutradara.

Perjalanan penculikan Katherine membuat gadis itu memiliki perasaan kepada Jan Zizka dan hubungan keduanya semakin bersemi, menambah nilai drama dalam film ini.

Lalu bagaimana nasib Jan Zizka dan Katherine yang terjebak dalam peperangan dan perebutan kekuasaan?

Medieval sangat layak ditonton bagi kamu pecinta film bersejarah sekaligus action tanpa senjata canggih, serta taktik perang luar biasa yang merupakan ide brilian panglima ikonik, Jan Zizka. 

Maka sebaiknya anda menonton Medieval yang akan tayang di seluruh XXI Indonesia! (AYN)