UMKM Indonesia Kembali Hadir di Pameran Internasional di Chengdu Tiongkok

MUS • Monday, 14 Nov 2022 - 16:13 WIB

Chengdu - Produk UMKM binaan Bank Indonesia bersama produk Indonesia lainnya kembali hadir pada ajang China Food & Drinks Fair (CFDF) ke-106 yang diadakan pada 10-12 November 2022 di kota Chengdu, Tiongkok.

Pameran yang diadakan di Western China International Expo ini merupakan salah satu event terbesar di Tiongkok dan diikuti oleh lebih dari 3.000 pelaku usaha serta 15.000 professional purchaser. 

Kali ini, Bank Indonesia bersama pihak lainnya mempromosikan berbagai produk makanan dan minuman seperti kopi, teh, dan makanan ringan.

Produk UMKM binaan Bank Indonesia yang terpilih, memiliki kualitas ekspor dan telah disesuaikan dengan selera maupun kebutuhan pasar Tiongkok.

Keikutsertaan UMKM binaan Bank Indonesia dalam pameran ini merupakan hasil kolaborasi dengan KBRI Beijing, , ITPC Shanghai, dan IIPC Beijing. 

Pada event yang sama di tahun 2021, Indonesia berhasil mencatat penjualan langsung produk Indonesia sebesar Rp405 miliar rupiah dan kerja sama perdagangan sebesar Rp27,3 miliar per tahun.

Tingginya nilai transaksi tersebut mencerminkan bahwa masyarakat Tiongkok sangat antusias dengan berbagai produk makanan dan minuman asal Indonesia. 

Sambutan positif juga terlihat dari banyaknya konsumen Tiongkok yang menyukai promosi live streaming pada saat event berlangsung.

Pada CFDF kali ini juga telah difasilitasi pertemuan bisnis antara UMKM binaan Bank Indonesia dengan 3 potential buyer Tiongkok, yaitu Wuxi Baogou Network Co.Ltd, Sichuan Gaoma Trading Co. Ltd, dan Jilin Bo Shihui Trading Co., ltd. 

KPwBI Beijing dan stakeholders terkait akan terus memonitor tindak lanjut dari pertemuan bisnis tersebut sehingga diharapkan dapat terwujud realisasi transaksi. Ke depan, KPwBI Beijing akan terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan stakeholders terkait guna mempromosikan produk UMKM Indonesia ke pasar Tiongkok.

Langkah ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan Tiongkok, yang pada gilirannya dapat mendukung pemulihan ekonomi Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan UMKM Indonesia.