Great Eastern Life Indonesia dan Bank OCBC NISP Gelar Kelas Literasi Keuangan untuk Pasangan Muda

ANP • Sunday, 13 Nov 2022 - 15:37 WIB

Jakarta – Kesiapan finansial merupakan hal penting dalam mempersiapkan pernikahan. Pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan tidak hanya perlu menyiapkan biaya acara pernikahan, tetapi juga perlu menyiapkan biaya hidup pasca pernikahan.

Setelah menikah, selain tujuan keuangan yang mulai banyak, pengeluaran rutin pun akan bertambah. Jika dikategorikan berdasarkan rentang waktu kebutuhan, pengeluaran dalam hidup berumah tangga dapat dibagi menjadi dua, yakni pengeluaran jangka pendek dan pengeluaran jangka panjang. Pengeluaran jangka pendek umumnya berupa biaya-biaya rutin konsumtif, seperti biaya makan, transportasi, listrik, air, dan telepon/internet. Belum lagi jika ada biaya cicilan bulanan atas pembelian rumah atau kendaraan serta biaya asuransi kesehatan dan dana darurat. 

Pengeluaran jangka panjang umumnya berupa biaya-biaya yang akan dikeluarkan pada kurun waktu 5—10 tahun mendatang, tetapi perlu dipersiapkan sejak dini. Misal, biaya pendidikan anak dan dana pensiun. Sebagian besar pasangan yang akan menikah pun kerap luput untuk mempersiapkan dana tabungan, investasi, ataupun asuransi—yang tanpa disadari akan berguna kalau-kalau hal buruk menimpa. Jika pengeluaran jangka panjang tidak disiapkan sedemikian rupa, hal tersebut dapat menjadi penyebab konflik paling utama dalam pernikahan.  Berdasarkan hal-hal di atas, tak bisa dipungkiri, masalah ekonomi memiliki andil besar dalam kehidupan pernikahan. Berdasarkan

Data Badan Peradilan Agama 20211, sebanyak lebih dari 25% dari kasus perceraian di Indonesia terjadi karena masalah ekonomi yang tidak stabil. Ketidakmampuan masyarakat Indonesia dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga tersebut disebabkan oleh rendahnya tingkat literasi keuangan, khususnya dalam mengelola atau merencanakan keuangan pasca pernikahan. 

Oleh karena itu, untuk membantu para pasangan muda menyiapkan perencanaan keuangan yang baik jelang memasuki kehidupan pernikahan, Great Eastern Life Indonesia bersama Bank OCBC NISP menyelenggarakan Financial Fitness Classes dengan tema “Siap Nikah dengan Modal Investasi: Reach for Great New Chapter of Life”. Kelas tersebut diadakan pada Sabtu, 12 November 2022, pukul 16.00—17.30 WIB, di The Cove, PIK, Jakarta (Main Stage Cuan Town Festival). 

Kelas yang diselenggarakan gratis untuk publik ini menghadirkan tiga narasumber berikut: 1. Merry Riana (Nyala Coach) 2. Ario Pratomo (Nyala Coach) 3. Peter Hermawan (Head of Centre for Excellence Great Eastern Life Indonesia) 

Ketiga narasumber tersebut membahas pentingnya kesiapan finansial dalam mewujudkan pernikahan impian. Secara spesifik, Ario Pratomo dan Merry Riana membagikan cara membuat perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang serta cara menghadapi isu/masalah yang kerap muncul jelang pernikahan dan setelah pernikahan.

Terakhir, Peter Hermawan memberikan informasi pilihan produk proteksi untuk perlindungan kesehatan dan keuangan sebelum dan setelah menikah. 

GREAT Optimal Link dengan asuransi tambahan GREAT Health Cover menjadi salah satu rekomendasi solusi perlindungan yang lengkap untuk para pasangan muda yang sedang mempersiapkan pernikahan. Tidak hanya memberikan proteksi jiwa, produk tersebut juga memberikan perlindungan dari berbagai risiko kesehatan yang tidak terduga yang dapat terjadi ketika melakukan persiapan pernikahan.

“Tentunya kita tidak mau kalau dana yang telah dikumpulkan untuk mewujudkan pernikahan impian, malah terpakai untuk biaya pengobatan karena terjadinya risiko kesehatan yang tidak terduga", ujar Peter Hermawan.

Selain itu, produk proteksi lainnya yang menjadi rekomendasi adalah GREAT Prestige Protector—produk asuransi jiwa yang baru saja diluncurkan juga menjadi rekomendasi solusi perlindungan untuk para pasangan yang sedang merencanakan kehidupan pernikahan. Hanya dengan satu kali pembayaran Premi, produk tersebut memberikan jaminan perlindungan diri dan jaminan imbal hasil yang tetap selama 10 tahun.

Dengan adanya jaminan-jaminan tersebut, risiko berupa permasalahan ekonomi yang mungkin muncul dalam kehidupan pernikahan dapat ditangani sejak dini.  Baik GREAT Optimal Link dengan asuransi tambahan GREAT Health Cover maupun GREAT Prestige Protector yang direkomendasikan oleh Peter Hermawan tersebut dapat diperoleh dengan mudah di Financial Fitness GYM OCBC NISP PIK ataupun di 197 kantor cabang Bank OCBC NISP lainnya yang tersebar di 54 kota di seluruh Indonesia.

Great Eastern Life Indonesia berharap kelas ini dapat meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia yang hendak membuat perencanaan keuangan jelang memasuki babak baru dalam kehidupan. Dengan memiliki kesiapan finansial yang baik, tentunya masyarakat Indonesia dapat mewujudkan pernikahan impian tanpa terkendala biaya, menjalankan hidup berumah tangga dengan tenang, lalu bebas melangkah meraih berbagai aspirasi, dan jadi hebat, Reach for Great.