OK OCE Kemanusiaan Launching Program Wakaf UMKM Berdaya

MUS • Saturday, 12 Nov 2022 - 16:37 WIB

Jakarta - Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, Kamis, 10 November 2022 OK OCE Kemanusiaan mengadakan launching perdana program Wakaf UMKM Berdaya (WUB) di RPTRA Taman Matoa Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Hadir di acara tersebut antara lain Sekjen OK OCE Indonesia, Sahmullah Rivqi, Ketua OK OCE Kemanusiaan, Salman Khabibi, pendamping program WUB Linda Kusuma Dewi, dan 10 orang penerima manfaat program WUB dari UMKM sekitar Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Program Wakaf UMKM Berdaya (WUB) adalah salah satu program master piece OK OCE Kemanusiaan berbasis dana wakaf dengan konsep pendampingan rutin kelompok selama 3 bulan, dan penyaluran tambahan modal usaha kepada 10 orang UMKM berskala ultra mikro. 

Dalam sambutannya Ketua OK OCE Kemanusiaan, Salman Khabibi mengatakan "Ini merupakan program OK OCE Kemanusiaan pertama yang bersumber dari dana wakaf tunai yang ditujukan untuk UMKM, untuk itu pokok dari dana wakaf ini harus kembali utuh namun bisa diproduktifkan untuk meningkatkan kapasitas usaha penerima manfaat program”.

10 orang yang menjadi penerima manfaat program WUB adalah ibu-ibu yang menjadi tulang punggung keluarga dan hampir rata-rata membuka usahanya ketika pandemi karena suaminya terkena PHK, dan ada pula yang ingin membantu ekonomi keluarga saat usaha yang dilakukan suami tidak seramai sebelum pandemi. Adapun kategori usaha yang dijalankan oleh penerima manfaat antara lain kuliner, fashion dan craft atau kerajinan tangan.

Sahmullah Rivqi menyampaikan, "Program WUB adalah cikal bakal terbentuknya ekosistem kelompok UMKM yang memiliki daya saing tinggi tidak hanya dari peningkatan kapasitas usahanya, melainkan juga dari peningkatan spiritual, karena dana wakaf ini adalah instrument langit yang sudah Allah siapkan sebagai solusi permodalan UMKM yang sesuai tuntunan syariah. Kedepan, dana wakaf yang akan digulirkan akan jauh lebih besar lagi sesuai dengan besarnya usaha yang saat ini tengah diperjuangkan dan tentunya amanah dana wakaf yang diberikan oleh para wakif kepada OK OCE Kemanusiaan. Dan ini menjadi fokus dari Gerakan Sosial OK OCE untuk bergerak menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya berbasis wirausaha”.

Acara ditutup dengan foto bersama antara penerima manfaat dan jajaran OK OCE Kemanusiaan yang hadir. 

Setelahnya ada diskusi ringan untuk membahas pertemuan kelompok yang akan diadakan pada minggu ke-3 November 2022.