Gen Z Ride For Life, Tantangan Gaya Hidup Berkendara Secara Aman

AKM • Thursday, 10 Nov 2022 - 19:53 WIB

Jakarta - Sebanyak 103.645 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di Indonesia pada tahun 2021 dan sebanyak 43,06% kecelakaan lalu lintas terjadi karena pengendara Gen Z.  Dalam menjawab permasalahan itu, untuk pertama kalinya, Jurusan strategic communication program studi ilmu komunikasi Kalbis Institute menggandeng Yayasan Astra Honda Motor untuk menyelenggarakan kampanye berkendara yang aman ala Gen Z dengan tema “ Retorikalbis 2023, Gen Z: Ride For Life”

Rangkaian Retorikalbis 2023 “Gen Z: Ride For Life” ditujukan bagi pelajar SMA dan mahasiswa dari seluruh Indonesia yang  dibuka pada hari ini, Kamis  10 November 2022 secara hybrid di Kalbis Institute dengan kuota terbatas serta premiere live di Youtube channel Yayasan Astra Honda Motor yaitu “Sahabat Satu Hati”.

Melalui Retorikalbis 2023 menunjukkan kesigapan Kalbis Institute dan Yayasan Astra Honda Motor untuk membawa perubahan bagi generasi muda ini sehingga Gen Z bukan lagi menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas, tetapi dapat menjadi panutan berkendara yang aman bagi masyarakat Indonesia. 

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Kalbis Institute Altobeli Lobodally mengatakan Institusi pendidikan adalah tempat untuk menempa mahasiswa membentuk common sense mereka. Namun setiap lini memiliki common sense yang berbeda-beda. 

“Belajar langsung dari industri adalah medium terbaik untuk menciptakan common sense yang tak common. Retorikalbis merupakan perwujudan nyata dari tagline Kalbis, Transforming Hearts and Minds, menciptakan mahasiswa yang mengalami transformasi hati dan pikiran.” ungkap Altobeli.

Sementara itu, Wakil ketua Yayasan Astra Honda Motor Gede Eka Dharmika, mengatakan pihaknya melihat kolaborasi industri dengan instansi pendidikan adalah cara yang paling efektif untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas. 

“Melalui dukungan dalam kolaborasi bersama mahasiswa ilmu komunikasi Kalbis Institute, kami mendukung mahasiswa mengintegrasikan ilmu akademis dengan penerapan dalam praktik nyata di industri,”’ujarnya.

Rangkaian Retorikalbis 2023 “Gen Z: Ride For Life” seperti webinar dengan berbagai tema ala Gen Z mengenai berkendara yang aman dari narasumber yang profesional dan telah diakui oleh Astra Honda Motor, kompetisi online mulai dari PR campaign, meme competition, open mic battle, Tiktok competition, dan film documentary yang akan diikuti oleh generasi Gen Z dari seluruh Indonesia, serta merayakan penutupan acara di puncak selebrasi awarding night.