Putin Dipastikan Tak Hadir di KTT G20 Bali

MUS • Thursday, 10 Nov 2022 - 12:07 WIB

Jakarta - Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tidak akan datang ke penyelenggaraan KTT G20 di Bali pada pekan depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Protokol Kedutaan Besar Rusia Yulia Tomskaya.

Dia mengatakan bahwa delegasi Rusia akan diwakili oleh Sergei Lavrov.

Kendati demikian, pihak Rusia tetap sedang memproses program untuk Putin supaya bisa berpartisipasi secara virtual dalam acara tersebut.

"Saya bisa mengkonfirmasi bahwa Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia di G20. Program Presiden Putin masih sedang dikerjakan, supaya beliau bisa berpartisipasi secara virtual," ujar Yulia dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis(10/11/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum bisa memastikan kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam KTT G20 di Bali.

Hal itu karena kedua pemimpin negara tersebut masih mempertimbangkan situasi dan kondisi di negara masing-masing.

"Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan," kata Presiden dalam keterangannya, di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Selasa (8/11/2022).

Jokowi mengatakan bahwa hingga saat ini sudah ada 17 kepala negara/kepala pemerintahan yang menyatakan hadir pada KTT G20 di Bali mendatang. Di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

"Sudah, itu yang sudah pasti 17," pungkasnya.