Habibie Prize 2022 untuk Mereka yang Berkontribusi Aktif di Bidang IPTEK dan Inovasi

ANP • Thursday, 10 Nov 2022 - 11:15 WIB

JAKARTA - Menjelang pergantian tahun 2022, banyak momen besar terkait riset dan inovasi yang telah dan masih akan kita lewati. Di antaranya, penataan integrasi lembaga riset yang semakin menunjukan hasil, kontribusi riset dan inovasi melalui berbagai skema fasilitasi dan kolaborasi dengan masyarakat, gelaran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Presidensi G20 Indonesia yang sukses memimpin rangkaian inisiatif pertemuan tinggi membahas riset global, serta apresiasi bagi insan riset Indonesia melalui BRIN Sarwono Award beberapa waktu lalu. Selanjutnya, apresiasi akan kembali dianugerahkan melalui Habibie Prize 2022 pada Kamis, 10 November 2022

Jakarta, 9 November 2022, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Yayasan SDM-IPTEK menyelenggarakan Penganugerahan Habibie Prize 2022. Penghargaan ini diberikan kepada mereka secara perorangan yang mempunyai kontribusi aktif di bidang IPTEK dan inovasi.
Sebelumnya, penghargaan ini dikenal dengan Habibie Award sebagai penghormatan kepada sosok mendiang Prof. B.J. Habibie atas jasa-jasanya dalam memajukan IPTEK di Indonesia. Sumbangsih yang diberikan bagi kemajuan teknologi tidak hanya diakui secara nasional namun juga internasional.
Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, sosok Habibie telah menjadi pendorong motivasi bagi generasi mudah untuk terus berkontribusi dalam memajukan IPTEK. “Karya inovasi Prof. B.J. Habibie menjadi pengingat dari generasi ke generasi, bahwa putra-putri Indonesia bisa sejajar dengan negara lain. Hal inilah pada akhirnya Habibie Prize selalu penuh makna dan penuh kebanggaan,” kata Handoko.
Penghargaan ini lanjut Handoko, akan terus diberikan kepada mereka yang memberikan kontribusinya demi terciptanya ekosistem riset yang kondusif bagi perkembangan IPTEK dan inovasi di masyarakat. Selain itu, penghargaan ini juga diharapkan mampu mendorong putra-putri Indonesia untuk menghasilkan karya terbaiknya yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.
Dikatakan Handoko, sejak tahun 1999, Yayasan SDM-IPTEK telah konsisten menyelenggarakan penganugerahan Habibie Prize. “Tahun ini, Habibie Prize mengemban misi penting yang tidak hanya sekedar memberikan penghargaan, namun menaruh harapan besar bahwa para penerima penghargaan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian,” lanjut Handoko.
Hal ini sejalan dengan kondisi saat ini, di mana pada era ekonomi berbasis inovasi, semua elemen dituntut untuk mampu membangun daya saing nasional yang kuat dan salah satu kunci penting dalam peningkatan daya saing bangsa adalah melalui penguasaan dan pemanfaatan IPTEK dan inovasi.
Habibie Prize 2022 diberikan kepada mereka yang telah memberikan kontribusi pada empat bidang IPTEK dan Inovasi, yaitu Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi, Ilmu Dasar, Ilmu Rekayasa, dan Ilmu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan.
Para kandidat adalah mereka yang telah melewati berbagai penilaian aspek kapasitas, aspek pengelolaan karya, invensi dan atau inovasi, aspek jejaring dan kolaborasi, serta aspek dampak dalam memberikan manfaat yang luas.
Berdasarkan skema penilaian yang kredibel dan profesional melewati 7 tahapan, dengan penuh rasa bangga, BRIN, Yayasan SDM-IPTEK, serta seluruh masyarakat Indonesia merasa bersyukur karena penghargaan Habibie Prize 2022 dianugerahkan ke tangan-tangan yang tepat. Mereka yang beruntung mendapatkan penghargaan antara lain :
Pertama, drg. Ika Dewi Ana, M. Kes, Ph.D., Departemen Ilmu Biomedika Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi. Kedua, Prof. Dr. Okky Karna Radjasa, M.Sc., Organisasi Riset Kebumian dan Maritim. Badan Riset dan Inovasi Nasional, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Dasar.
Ketiga, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., Departemen Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Indonesia, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Rekayasa. Keempat, Naufan Noordyanto, S.Sn., M.Sn., Departemen Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan.