Kejurkot PBSI Medan Resmi Dibuka, 435 Atlet Siap Bersaing Rebut Juara

MUS • Monday, 7 Nov 2022 - 05:58 WIB

Medan - Kejuaraan Kota (Kejurkot) Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI) Kota Medan resmi dibuka, Minggu (6/11/2022). Sebanyak 435 atlet utusan 20 Perkumpulan Bulutangkis (PB) atau klub siap bersaing untuk merebut juara.

Event yang berlangsung di GOR PBSI Sumut, Medan Estate, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), dibuka oleh Sekum Kusprianto mewakili Pengprov PBSI Sumut.

"Kami berharap kepada pelatih, ini adalah atlet-atlet masa depan, di usia-usia mereka inilah merupakan usia emas mereka untuk menjadi atlet yang tangguh di Sumut," kata Kusprianto.

"Saya rasa atlet-atlet Medan ini dapat bersaing dengan atlet daerah lain. Ke depan ada Kejurprov, Kejurnas. Harapannya atlet-atlet dari Sumut bisa tampil di kejurnas," sambungnya.

Ketum Pengkot PBSI Medan, Ade Jona Prasetyo diwakili Sekum Aswindy mengatakan, kejuaraan ini merupakan event tahunan yang digelar PBSI Medan.

"Kejurkot ini merupakan persiapan kita untuk Kejurprov. Jadi yang juara-juara ini akan mewakili Medan di Kejurprov nanti. Terus dari Kejurprov ke Kejurnas," Aswindy.

Wakil Kabid Binpres KONI Medan Siegfried mewakil Ketum KONI Medan, mengapresiasi PBSI Medan yang rutin menggelar even tersebut.

"Saya salut dengan PBSI Medan yang diketuai Ade Jona yang terus menggelar kejuaraan dan pembinaan termasuk membantu atlet-atlet Medan mengikuti kejuaraan-kejuaraan di luar Sumatera Utara," jelasnya.

Ketua panitia pelaksana Kejurkot PBSI Medan 2022, Irfan Siregar menerangkan jumlah atlet yang berpartisipasi lebih dari 400 orangdan meningkat dari edisi sebelumnya.

Berdasarkan Sistem Informasi (SI) PBSI, kata Irfan, ada 17 nomor yang dipertandingkan pada Kejurkot tahun ini. Mulai dari pra usia dini hingga dewasa, dengan diikuti 18 PB klub plus dua PB untuk kelas veteran.

"Ada 435 atlet berprestasi (17 nomor), plus 18 atlet veteran (hanya ganda putra). Di mana kategori veteran ini tidak masuk poin PBSI-nya. Jika ditotalkan dengan veteran, yang berpartisipasi di Kejurkot ada 20 PB," kata Irfan.

Diketahui, event yang digelar 6 hingga 10 November 2022 ini merupakan event tahunan kedua yang digelar PBSI Medan. (Ron)