Indonesia Japan Friendship Day KBRI Tokyo 2022: Warga Jepang di Fukuoka Terkesan Saksikan Film Laskar Pelangi

MUS • Sunday, 6 Nov 2022 - 22:05 WIB

Fukuoka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menghadiri pemutaran dan diskusi film ‘Laskar Pelangi’ di Perpustakaan Umum Kota Fukuoka, Sabtu, 5 November 2022, yang menjadi bagian rangkaian kegiatan Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) di Fukuoka.

Perpustakaan Kota Fukuoka sendiri memegang sejumlah lisensi film Indonesia dengan subtitle Bahasa Jepang untuk diputarkan ke publik. 

Dubes Heri Akhmadi dalam sambutannya mengapresiasi Perpustakaan Kota Fukuoka dalam mempromosikan film Indonesia kepada masyarakat Jepang.

"Terima kasih atas kerja sama dengan Perpustakaan Kota Fukuoka dalam pemutaran film Laskar Pelangi ini. Saya terkesan dengan Perpustakaan Fukuoka yang telah turut menyimpan, merawat dan mendigitalisasi koleksi film dan buku dari Indonesia. Besar harapan saya pemutaran film ini akan semakin memperkenalkan indahnya Indonesia kepada masyarakat Jepang", ujar Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Ekonomi Rima Cempaka.

Direktur Eksekutif Perpustakaan Kota Fukuoka, Isao Aoki mengatakan Film Laskar Pelangi sangat berkesan bagi warga Jepang. "Mengharukan dan mudah dipahami serta sangat inspiratif. Menjadi kenangan buat warga Jepang yang menonton film ini," kata Isao Aoki.

Kegiatan pemutaran film ‘Laskar Pelangi’ di Fukuoka didahului forum diskusi, yang menghadirkan kritikus film dan mantan Direktur Fukuoka International Film Festival, Hariki Yasuhiro dan pemusik/penggiat hubungan Indonesia-Jepang serta penerjemah lirik lagu ‘Laskar Pelangi’ dalam Bahasa Jepang, Hiroaki Kato. 

Sutradara film ‘Laskar Pelangi’ Riri Riza pun turut menyampaikan pesan video kepada penonton yang hadir.

“Film ini merefleksikan rasa optimisme, pentingnya persahabatan dan koneksi antara budaya, serta toleransi antara sesama manusia yang tergambar dalam sebuah kisah yang indah. Bagi saya, pemutaran film ‘Laskar Pelangi’ ke audiens luar, termasuk Jepang adalah bagian dari interaksi budaya yang penting dan membanggakan”, pungkas Sutradara Riri Riza.

Acara pemutaran film Laskar Pelangi yang dihadiri lebih dari 100 warga Jepang ini juga dimeriahkan dengan persembahan lagu single cover soundtrack ‘Laskar Pelangi’ dalam Bahasa Jepang yang dibawakan Hiroaki Kato bersama rekan duetnya, Maizura.

*Pelayanan dan Dialog Dubes Heri Akhmadi bersama WNI di Fukuoka*

Dalam penyelenggaraan Indonesia Japan Friendship Day di Fukuoka ini KBRI Tokyo juga menggelar kegiatan pelayanan keimigrasian dan konsultasi keuangan. 

Kepada para WNI, Dubes Heri Akhmadi  mengatakan KBRI Tokyo berkomitmen melindungi dan melayani warga Indonesia.

"Jaga nama baik bangsa Indonesia. Patuhi aturan di manapun kalian tinggal dan beraktivitas. KBRI Tokyo siap membantu. Manfaatkan juga kemudahan berwirausaha yang diberikan pemerintah Jepang," pungkas Dubes Heri yang didampingi Atase Keuangan Sonny Surachman Ramli.

Kegiatan pelayanan keimigrasian dan konsultasi keuangan KBRI Tokyo ini dihadiri sekitar 300 orang WNI.