International Fleet Review 2022, KRI Diponegoro-365 Kenalkan Budaya Indonesia dan Misi Perdamaian di Jepang

MUS • Sunday, 6 Nov 2022 - 18:09 WIB

Tokyo - Jauh dari keluarga tidak menghalangi niat dari Letnan Dua (Letda) Laut Refiana Sandhi mengarungi lautan luas di atas Kapal KRI Diponegoro-365 TNI Angkatan Laut (AL). Refiana adalah satu dari 9 anggota Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) yang ikut serta dalam ajang International Fleet Review (IFR) 2022 di Jepang. 

"Dari Indonesia ke Jepang kita ke beberapa tempat dulu untuk pembekalan ulang. Jauh dari keluarga dan lebih lama di laut tentu ada suasana jenuh ya. Tapi kita semua bisa mengatasinya," ujar Refiana

"Misi diplomasi menjadi penyemangat kami. Mengenalkan budaya Indonesia di luar negeri adalah sebuah kebanggaan," tambahnya. 

Perempuan dalam militer menurut Refiana bukanlah penghalang. Peran serta KOWAL di TNI AL tegasnya, memiliki porsi yang sama dengan prajurit pria.

"Posisi KOWAL berbeda dengan prajurit pria. Kami hadir disini tidak hanya sebagai pendukung tetapi juga aktif dalam terwujudnya TNI AL  yang lebih baik kedepannya. Kita disini membangun persaudaraan dengan militer negara lain untuk perdamaian," tegas Refiana. 

Ajang IFR 2022 digelar dalam rangka memperingati ke-70 Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF).

Sebanyak 108 anggota TNI AL ikut memeriahkan acara ini dengan menampilkan budaya Indonesia kepada para delegasi AL asing dalam resepsi 77 Tahun Kemerdekaan RI di atas Kapal KRI Diponegoro-365 yang bersandar di dermaga Funakoshi Quay, Yokosuka, Jepang, Kamis 3 November 2022.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi yang hadir dalam resepsi 77 Tahun Kemerdekaan RI di atas Kapal KRI Diponegoro-365 di sela kegiatan IFR 2022 memastikan, kehadiran KRI Diponegoro-365 dalam ajang IFR 2022 adalah pembuktian kepada dunia internasional kekuatan armada militer Indonesia dalam misi perdamaian.

“Ajang IFR 2022 menjadi kesempatan TNI AL memperlihatkan kekuatan militer Indonesia sekaligus menjalin persahabatan dan perdamaian melalui latihan militer bersama. KBRI Tokyo senantiasa memfasilitasi kerja sama militer Indonesia dengan Jepang di berbagai sektor, mulai dari transfer ilmu dan teknologi pertahanan,” ujar Dubes Heri yang didampingi oleh Wakil Kepala Perwakilan RI John T. Boestami, Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie dan Atase Pertahanan Kolonel Andi Nur Abadi.

"Di KRI Diponegoro 365 terdapat 9 anggota KOWAL. Hal ini membuktikan bahwa di Indonesia laki-laki dan perempuan memiliki peran yang setara dalam menjaga perdamaian," tambahnya.

Ketua Delegasi Markas Besar AL untuk International Fleet Review 2022 Laksamana Pertama (Laksma) TNI Retiono Kunto menjelaskan keikutsertaan Indonesia merupakan program rutin dari kegiatan tahunan JMSDF yang juga diikuti oleh angkatan laut dari berbagai negara.

"Kerja sama bilateral angkatan laut secara rutin kita melakukan latihan bersama, salah satu kegiatannya ini. Nanti, kalau kita menggelar Multilateral Naval Exercise Komodo, Jepang berpartisipasi juga,” kata Retiono Kunto yang juga berharap hubungan antara perwira militer Indonesia dan berbagai negara bisa semakin erat sehingga dapat meningkatkan profesionalisme.

Puluhan Warga Negara dan diaspora Indonesia yang hadir terlihat antusias melihat dari dekat KRI Diponegoro-365. 

Selain mengikuti ajang IFR 2022, KRI Diponegoro-365 yang dipimpin Letkol Laut (P) Kurniawan Koes Atmadja, akan berlatih selama 45 hari dengan membawa 108 anak buah kapal serta 12 tim pendukung dari Kopaska, penyelam, intelijen dan kesehatan.