Dubes Heri Akhmadi Fasilitasi Penandatanganan Kesepakatan PPT Energy Trading Jepang dengan Mitra Indonesia

MUS • Saturday, 5 Nov 2022 - 10:10 WIB

Fukuoka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi memfasilitasi penandatanganan MoU antara PPT Energy Trading (PPT ET) dengan 2 mitra Indonesia, yakni: PT. Agro Industri Mandiri dan PT. Inti Persada untuk suplai biomassa, serta tripartite MoU dengan PT Riu Mamba Karya Sentosa & PT Alam Bumi Cemerlang untuk studi konstruksi pabrik Wood Pellet, di Fukuoka, pada Jumat 4 November 2022.

Kesepakatan ini digelar disela Business Meeting on the Potential Collaboration on the Renewable Energy: Biomass yang diselenggarakan KBRI Tokyo sebagai rangkaian kegiatan Indonesia – Japan Friendship Day di Fukuoka 4-6 November 2022.

Turut hadir Chief Representative Pertamina Tokyo sekaligus Presiden Direktur PPT ET Agus Witjaksono dan Konsul Kehormatan RI di Fukuoka, Mr. Matsuji Nishimura yang juga adalah Direktur & Chairman, Kyudenko Corporation. 

Dalam sambutannya Dubes Heri menekankan Biomassa sebagai bagian dari bioenergi mendapatkan perhatian khusus dari Indonesia seiring dengan percepatan transisi menuju energi bersih. 

"Indonesia diberkahi dengan kekayaan biomassa yang melimpah dengan industri kehutanan yang besar serta salah satu pengekspor produk kayu terbesar di dunia. Ekspor komoditas cangkang kelapa sawit Indonesia ke negara-negara seperti Jepang untuk bahan baku biomassa pun kini trennya meningkat. Ini tentunya menjadi peluang yang besar bagi kerja sama Indonesia - Jepang, khususnya untuk peningkatkan kerja sama di sektor energi terbarukan dalam upaya bersama mencapai target netralitas karbon kedua negara," ungkap Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo Rima Cempaka. 

“Seiring komitmen Pemerintah Indonesia untuk konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) menjadi Tenaga Biomassa (PLTBm) dan kebutuhan bahan baku bahan bakar biomassa yang tinggi di Jepang, saya meyakini akan ada lebih banyak lagi kerja sama ke depannya bagi Indonesia dan Jepang di sektor energi terbarukan. KBRI Tokyo senantiasa siap menjadi jembatan berbagai peluang kerja sama," tambah Dubes Heri.

Chairman Kyudenko Corporation Matsuji Nishimura menegaskan pula pentingnya rintis kerjasama pengembangan energi terbarukan untuk dekarbonisasi sebagaimana komitmen Jepang. Untuk itu ia menilai kerja sama dengan Indonesia yang memiliki kawasan Hutan Tanaman Energi yang luas sangatlah penting.

Sementara itu Kepala Pertamina East Asia yang juga merupakan Presiden Direktur PPT Energy Trading Co. Ltd Agus Witjaksono mengatakan, pihaknya akan memfokuskan ke energi biomassa dimana Indonesia memiliki sumber daya biomassa yang besar untuk supply ke market Jepang. 

"Dengan penandatanganan MOU antara PPT Energy Trading dengan partner Indonesia kami harap dapat lebih banyak kontribusi dalam supply biomassa dari Indonesia ke Jepang. Termasuk menjembatani supplier dari Indonesia dan buyer Jepang dengan kualitas kuantitas dan operasional terbaik untuk produk biomassa," kata Agus Witjaksono

Kuliah Umum di Universitas Kyushu dan Resepsi Indonesia Night

Memanfaatkan kunjungan ke Fukuoka, Dubes Heri Akhmadi memberikan kuliah umum di Universitas Kyushu yang dimeriahkan dengan penampilan angklung dan tari Saman dari PPI Fukuoka. 

Pada sesi kuliah umum, Dubes Heri menekankan bahwa hubungan bilateral Indonesia – Jepang yang telah berlangsung sejak 1958 dapat lebih diperkuat ke depannya, salah satunya melalui kolaborasi di sektor energi.

“Guna mendorong percepatan target penurunan emisi karbon, Pemerintah Indonesia telah merancang Grand Design Strategi Energi Nasional dan percepatan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Saya harapkan riset-riset terkait EBT yang sangat maju di Universitas Kyushu ini dapat juga di kolaborasikan dengan dunia industri di Indonesia sebagai bagian dari upaya bersama kedua negara dalam transisi energi. KBRI Tokyo siap mendorong semakin banyak kerja Triple Helix semacam ini," pungkas Dubes Heri Akhmadi

Di hari yang sama, sebagai puncak perayaan Indonesia – Japan Friendship Day di Fukuoka, KBRI Tokyo bersama Kyushu – Indonesia Friendship Association dan didukung oleh Japan Indonesia Association (JAPINDA) menggelar Resepsi Indonesia Night yang dihadiri pejabat Prefektur Fukuoka, kalangan bisnis dan masyarakat Jepang serta diaspora Indonesia yang berada di area Kyushu.

Acara ini dimeriahkan dengan pertunjukan budaya Indonesia a.l penampilan tarian Sekar Pudyastuti, tarian kebyar, mini fashion show busana daerah Indonesia, penampilan musik dari penyanyi seriosa Jepang Maya Hayashi, hingga bintang tamu dari Indonesia artis Hiroaki Kato yang dikenal sebagai pegiat/kolaborator hubungan Indonesia – Jepang dan rekan duetnya, Maizura yang membawakan lagu ‘Laskar Pelangi’ dalam Bahasa Jepang.

Kegiatan Indonesia – Japan Friendship Day di Fukuoka akan terus berlangsung hingga tanggal 6 November 2022, dengan berbagai program seperti Movie Screening and Talk bekerja sama dengan Perpustakaan Kota Fukuoka, coaching clinic dan sosialisasi kebijakan sektor finansial, layanan kekonsuleran dan imigrasi dan temu masyarakat.