KPU Badung Bali Temukan ‘Pencatutan’ Nama Anggiota Parpol

AKM • Saturday, 5 Nov 2022 - 05:38 WIB

 

Badung - Komisi Pemilihan Umum  Daerah- KPUD Badung Bali telah selesai melakukan verifikasi faktual terkait admintrasi nama keanggotaan resmi Partai Politik -Parpol yang berakhit Jumat 4 November 2022.

“ Dalam Vetifikasi ini kami menemukan nama yang diklaim sebagai anggota partai politik tanpa seiizin pemilik nama,” ujar Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta, saat menerima Rombongan Press Tour KPU RI di Kantor KPU Kabupaten Badung, Jalan Kebo Iwa, Denpasar, Bali, Jumat (4/11).

I Wayan. Semara Cipta  yang akrab disapa Kayun Mengatakan mereka protes namnya digunakan tanpa sepengetahuan mereka.

“Kami sebagai pihak penyelenggara sesuai aturan yang ada memberikan form keberatan untuk ditanda-tangai anggota masyarakat yang menolak namnya dinklaim sebagai anggota partai,”  jelasnya.

Kayun menuturkan verifikasi faktual untuk diserahkan kepada KPU propinsi dna KPU pusat melalui Sistem Informasi Partai Politik -SiPOl 

“Penolakan itu, kami lampiri  dalam pendataaan proses verifikasi faktual untuk diserahkan kepada KPU propinsi dna KPU pusat melalui SiPOl untuk perbaikan bagi parpol,” tambahnya.

Menurut Kayun, selama ini juga pihaknya terkendala, karena banyak anggota masyarakt yang tidak bisa ditemui untuk verifikasi faktual.

“ Sehingga kami menuliskan mereka yang belum terdata dengan status belum bisa ditemui,” ungkap Kayun.

Sosialisasi

KPUD Kabupaten Badung  sejuah ini terus melakukan sosialisaai agar masyarakat badung dapat menggunakan hak pilihnya.

“ Data data kami, ada sekitar 300 masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya. Sosilaisa dilakukan seperti melalui rumah pintar KPU yang memberikan sosialiasi kepada masyarakat,”  jelas Kayun.

Menurut Kayun, berdasarkan pengalaman sebelumnya meski di masa pandemi , penggunaan hak pilih di kabupatem badung meningkat signifikan

“Pada pemilu lalu sekitar 80 persen jistru menggunakan hak pilihnya. Kita berharap dalam pemilu 2024 masyarakt semakin besar partiaipaai aktifnya,” tandasnya.