Kunjungi Kampus APU Ritsumeikan, Dubes Heri Akhmadi Buka Indonesia Week 2022

MUS • Saturday, 5 Nov 2022 - 01:20 WIB

Tokyo - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menekankan Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) dapat menjadi salah satu mitra utama kerja sama perguruan tinggi Indonesia-Jepang.

"Dengan kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di Indonesia, APU Ritsumeikan dapat menjadi menjadi mitra perguruan tinggi Indonesia untuk saling kirim mahasiswa Strata 1 selama 1-2 semester. Dengan program internasional yang dimiliki, APU Ritsumeikan juga dapat menjadi tempat pelatihan serta berbagi pengalaman dengan kampus-kampus di Indonesia untuk pengembangan riset dan kepemimpinan," demikian disampaikan Dubes Heri saat melakukan pertemuan dengan President Ritsumeikan Asia Pasific University, Hal Haruaki Deguchi, di Beppu, Oita Selasa, 1 November 2022.

"Saya terkesan dengan dukungan APU Ritsumeikan pada mahasiswa Indonesia, terutama dalam kegiatan Indonesian Week yang telah berjalan sejak 2002. Saya berharap di tahun 2023 nanti yang bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang, kegiatan ini dapat diperluas hingga level kota Beppu, bahkan Oita," tambah Dubes Heri yang didampingi Atase Kehutanan Zahrul Muttaqin.
Presiden Ritsumeikan Asia Pasific University, Hal Haruaki Deguchi dalam kesempatan yang sama berharap ke depannya ada peningkatan kerja sama erat dengan perguruan tinggi Indonesia.

Indonesia Week 2022

Dubes Heri Akhmadi dalam kunjungan ke APU Ritsumeikan ini berkesempatan membuka Indonesia Week 2022. 

Kegiatan itu dimeriahkan dengan tarian modern gabungan mahasiswa dan mahasiswi tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari Jepang dan negara lain. Kreativitas tari yang ditampilkan diiringi dengan lagu-lagu daerah dan lagu populer dari Indonesia. 

Jumlah mahasiswa Indonesia di APU Ritsumeikan berdasarkan catatan hingga Maret 2022 sebanyak 381 orang.