Ketua Umum KA-FoSSEI Sidiq Haryono Raih Penghargaan dari MES DIY Award 2022

FAZ • Friday, 4 Nov 2022 - 05:18 WIB

Jakarta - Ketua Umum Korps Alumni Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (KA-FoSSEI) Sidiq Haryono menerima penghargaan dari Masyarakat Ekonomi Syariah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis, 03 November 2022 yang bertempat di Jogja Expo Center, Bantul, Yogyakarta. KA-FoSSEI dinilai sebagai organisasi penggerak kader ekonomi bisnis dan keuangan syariah yang sudah memberikan kontribusi konkretnya sejak awal tahun 2000.

Ekonomi syariah pun pada beberapa tahun kebelakang digadang-gadang menjadi salah satu fokus pemerintah Republik Indonesia di era Presiden Joko Widodo, selaras dengan itu KA-FoSSEI yang mempunyai
kepanjangan Korps Alumni Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam terus melakukan inovasi-inovasi baik itu dalam hal pemikiran maupun pergerakan sebagai perwujudan kontribusi konkretnya demi maju dan berkembangnya Ekonomi Syariah di Indonesia.

KA-FoSSEi sendiri saat ini memiliki lebih dari 500.000 ribu kader yang tersebar di seluruh pelosok negeri, yang mana notebenenya kader KA-FoSSEI adalah mereka yang pernah aktif di Kelompok Studi Ekonomi Islam pada saat perkuliahan dan sampai saat ini kampus yang tergabung sudah mencapai 260 dari sabang hingga merauke.

Menurut Sidiq Haryono yang menjabat sebagai Ketua Umum KA-FoSSEI, Organisasi yang dipimpinnya itu selalu menjadi garda terdepan dalam meningkatan literasi edukasi ekonomi syariah di tengah-tengah masyarakat dengan hadirnya program-program yang tepat sasaran seperti terjun langsung ke desa-desa, mengajarkan ekonomi syariah ke kalangan ibu-ibu, dan lain sebagainya.

“KA-FoSSEI hingga detik ini selalu berikhtiar menjadi yang terdepan dalam melakukan edukasi ekonomi syariah ke masyarakat luas lewat beberapa program yang sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga hasilnya tepat sasaran," kata Sidiq dalam keterangan tertulis, Jumat (4/11/2022).

Sidiq menambahkan juga tentang bagaimana peran pemuda sangat dibutuhkan dalam majunya ekonomi syariah di Indonesia dan juga menurut orang nomor satu di KA-FoSSEI tersebut, bahwa pemuda juga harus senantiasa meningkatkan kemampuan dalam hal entrepreneur.

“Alhamdulillah, kami di KA-FoSSEI sudah menjalankan program yang sangat berguna untuk khaula muda yang ingin belajar serta scale up dalam dunia bisnis dan tentu ini juga salah satu cara dalam kita mengikuti jejak rasulullah SAW sebagai businessman," ungkapnya.

Sidiq juga menghimbau kepada seluruh anak negeri untuk sama-sama sadar akan pontesi yang dimiliki oleh ekonomi syariah. menurutnya bukan hanya untuk membantu perekonomian negara, namun juga mampu untuk menjadikan suatu negara menjadi adil dan makmur.

"Tentu kami di KA-FoSSEI tak lelah dan tak mengewal waktu, di setiap saat selalu kami ajak anak-anak muda, penerus generasi mendatang untuk sama-sama melek terhadap ekonomi syariah, saling membahu mendukung ekonomi syariah, karena sejatinya jika memang benar kita fokus terhadap ekonomi syariah ini, akan juga menjadikan negara kita kuat serta adil dan makmur” pungkas Sidiq.