Menkes Akui Pasien Gagal Ginjal Akut Bertambah: 325 Kasus Ditemukan, 178 Meninggal

MUS • Wednesday, 2 Nov 2022 - 12:05 WIB

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunawan Sadikin melaporkan perkembangan terbaru terkait kasus gagal ginjal akut misterius. Berdasarkan data yang dimutakhirkan pada tanggal Selasa 1 November 2022 kemarin, tercatat 325 kasus telah didiagnosis.

"Jadi data per kemarin, ada 325 kasus ginjal akut di seluruh Indonesia," kata Menkes dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Menkes menyampaikan bahwa sebaran kasus yang ini terjadi di sejumlah Provinsi. Namun, kasus tertinggi ditemukan di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Selain itu, juga ada Aceh, Bali hingga Sumatera Barat.

Budi mengatakan, saat ini ada sejumlah Provinsi yang tengah dikonsentrasikan untuk diselediki lebih lanjut. Provinsi itu diantaranya; Sumatera Utara, Jawa bagian Barat dan Timur, dan juga di Sulawesi Selatan.

"Kemudian kita lihat yang meninggal sekarang 178 dari 325 atau sekitar 54 persen. Ini sudah menurun dari kondisi sebelumnya yang sempat mencapai 64 persen," pungkasnya.