Buka Forum R20, Presiden Jokowi Minta Tokoh Agama Bekerja Sama untuk Perdamaian Dunia

FAZ • Wednesday, 2 Nov 2022 - 11:15 WIB

Bali - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Forum Agama G20 atau Religion of Twenty (R20) di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022). Peresmian tersebut dilakukan secara virtual.

Dalam sambutannya, Jokowi berharap forum R20 dapat menjadi forum dunia yang memberikan dampak positif bagi persatuan dan perdamaian dunia, demi generasi mendatang yang lebih baik.

“Kita tokoh agama dari berbagai agama dan dari berbagai dunia harus bekerja sama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia, untuk mengurangi rivalitas dan menghentikan perang demi dunia yang damai, dunia yang bersatu,” ujar Jokowi saat sambutan lewat daring, Rabu (2/11/2022).   

Jokowi menjelaskan, Indonesia berpenduduk lebih dari 275 juta jiwa yang terdiri atas 714 suku, lebih 1100 bahasa lokal, dan memeluk enam agama yang berbeda. Di tengah kemajemukan tersebut, menurut dia, Indonesia dipersatukan oleh ideologi Pancasila.

“Indonesia adalah negara sangat majemuk dalam suku bahasa dan agama, tapi kami dipersatukan oleh ideologi negara yaitu Pancasila. Kami dipersatukan oleh toleransi dan persatuan yaitu Bhinneka Tinggal Ika,” ucap dia.

Menurut Jokowi, para tokoh agama yang berbeda telah menjadi bagian utama dari perjuangan kemerdekaan Indonesia pada 1945. Menurut Jokowi, tokoh agama yang berbeda juga berperan utama mempersatukan Indonesia.

“Bahkan tokoh agama yang berbeda juga menjadi bagian penting untuk menyukseskan program pembangunan pemerintah Indonesia. Keberhasilan Indonesia saat ini, termasuk dalam penanganan covid 19 juga berkat dari kontribusi para tokoh agama,” kata Jokowi.

Jokowi berharap ratusan peserta R20 nantinya bisa membangun kesepemahaman dan menyepakati langkah-langkah konkret, sehingga agama bisa lebih berkontribusi terhadap peradaban dan kemanusiaan.

“Selamat mengikuti konfereni R20. Semoga berhasil membangun kesepahaman dan kesepakatan serta menyepati langkah-langkah konkret agar agama berkontribusi lebih besar terhadap peradaban dan untuk kemanusiaan serta demi dunia yang lebih membahagiakan untuk semuanya,” kata Jokowi.

Sejumlah menteri hadir dalam pembukaan R20, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Selain itu, hadir juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla. Beberapa delegasi dari Liga Muslim Indonesia selaku mitra PBNU dalam gelaran R20.

Forum keagamaan dunia atau R20 digelar di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali, selama dua hari, sejak hari ini, 2 November 2022 hingga 3 November 2022.