Kelebihan Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web Dibanding Fingerprint

MUS • Thursday, 27 Oct 2022 - 22:05 WIB

Apa yang menjadi perbedaan aplikasi absensi antara fingerprint dan online? Tentunya sudah diketahui bersama jika sistem aplikasi absensi karyawan berbasis web atau sidik jari sampai saat ini merupakan metode yang sudah banyak digunakan berbagai perusahaan. 

Biasanya perusahaan-perusahaan akan menggunakannya untuk melakukan pencatatan absensi atau kehadiran untuk karyawannya secara elektronik. 

Memang alat yang satu ini dikenal jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sistem absensi secara manual yang masih menggunakan buku kehadiran atau absensi. 

Pada absensi manual, karyawan harus mencatutkan tanda tangannya sebagai salah satu sata kehadiran. Pada absensi online pun tidak demikian. Ada banyak perbedaan aplikasi absensi karyawan berbasis web.

Aplikasi Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web Agar Karyawan Lebih Disiplin

Mempunyai pegawai dan karyawan yang disiplin pastinya adalah aset yang berharga bagi keberlangsungan perusahaan. Selain itu, memang tingkat kedisiplinan akan dinilai dari beberapa aspek. 

Misalnya terkait ketepatan waktu pada saat menyelesaikan pekerjaan, pekerjaan yang sesuai penerapan standar-standar yang berlaku, sampai ke hal terkecil sekalipun. Pekerjaan memang menyesuaikan dengan menggunakan  standar yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Memang saat ini telah dikenal berbagai metode atau cara yang dilakukan oleh sebagian perusahaan untuk bisa melakukan pengukuran terhadap tingkat ketepatan waktu data kehadiran atau absensi karyawan. 

Misalnya dengan menggunakan fingerprint atau dengan menggunakan sistem absensi online. Tujuannya agar karyawan disiplin. 

Di samping itu, memang menggunakan sistem aplikasi absensi karyawan berbasis web akan menjadi salah satu metode yang populer selama ini. Sistem pendataan adalah menggunakan data yang unik, yaitu dengan menggunakan sidik jari para karyawan sehingga dinilai akan jauh reliable.

Dengan menggunakan metode ini, maka akan memerlukan mesin yang telah terprogram untuk dapat mengenali sidik jari karyawan sehingga bisa dipergunakan dengan baik. 

Tapi memang penggunaan dari metode fingerprint tidak begitu efektif jika perusahaan tersebut mempunyai banyak karyawan yang bekerja di lapangan yang terkadang pergi ke kantor.

Inilah yang bisa jadi kendala apabila karyawan tersebut wajib melakukan absensi terlebih dahulu di kantor kemudian barulah berangkat ke lapangan. 

Waktu yang diperlukan tersebut menjadi begitu mahal karena sebenarnya ada metode lainnya yang bisa digunakan oleh perusahaan agar nantinya tetap tepat dengan waktu dan berjalan sebagaimana mestinya.

Metode inilah yang disebut sebagai aplikasi absensi online yang menggunakan aplikasi khusus. Ada beberapa perbedaan aplikasi absensi karyawan berbasis web. Tentunya juga ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari sistem absensi online ini. 

Di bawah ini merupakan kekurangan dan kelebihan penggunaan aplikasi online jika dibandingkan dengan fingerprint:

Perbedaan Aplikasi Absensi: Fingerprint vs Online

- Aplikasi absensi karyawan berbasis web bisa menghindari kecurangan. 

Pertimbangan mengapa harus menggunakan aplikasi absensi sidik jari berbasis web adalah untuk meminimalkan tindak kecurangan. Hal tersebut karena dengan metode ini para karyawan tidak bisa memalsukan data absensi mereka. 

Ini tentunya berbeda dengan metode aplikasi absensi manual. Karyawan tersebut tidak lagi dapat menitipkan absensi mereka pada saat sedang terlambat atau bolos kerja. Hal tersebut dikarenakan adanya proses verifikasi kehadiran dengan mempergunakan sidik jari masing-masing. 

- Aplikasi absensi karyawan berbasis web Dapat Meningkatkan Kedisiplinan. 

Perlu Anda ketahui jika perusahaan menggunakan aplikasi absensi karyawan berbasis web karena dinilai bisa meningkatkan kedisiplinan karyawannya secara tidak langsung. 

Di sini membuat karyawan dapat menggunakan waktu mereka dalam bekerja lebih bijak lagi karena mereka telah dituntut supaya dapat hadir tepat pada waktunya. 

Tentunya hal ini bisa terjadi karena data absensi karyawan telah dijadikan sebagai salah satu bahan terhadap tingkat penilaian terhadap karyawan.

Lalu Apa Kekurangan Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web?

- Aplikasi absensi karyawan berbasis web Perlu Maintenance dan Infrastruktur yang Relatif Mahal.

Memang aplikasi absensi karyawan berbasis web memakan biaya yang terbilang cukup tinggi pada saat pertama kali pemasangan. Misalnya saja jika hendak melakukan pembelian aplikasi absensi karyawan berbasis web dengan jumlah yang harus mencukupi bagi semua wilayah kantor. 

Di samping itu, untuk proses pemasangan dan instalasi pada mesin tersebut butuh biaya tambahan. Kelak perusahaan akan menyadari perbedaan aplikasi absensi online dan fingerprint, dari segi harganya.

Memang pembiayaan berikutnya biasanya muncul pada saat hendak melakukan maintenance pada mesin fingerprint tersebut secara rutin. 

Maintenance atau perawatan rutin tersebut memang diperlukan supaya mesin absensi bisa bekerja dengan baik. Apalagi pada bagian scanner yang memiliki fungsi yang digunakan dalam identifikasi sidik jari.

Memang kelemahan dari sistem ini sendiri adalah proses melakukan identifikasi ketika melakukan pemindaian sidik jari. 

Kegagalannya adalah seperti halnya kesalahan melakukan identifikasi atau sidik jari yang sama sekali tidak teridentifikasi. 

Biasanya permasalahan ini sering terjadi karena mesin sidik jari tersebut kotor.  Selain itu juga mesin scanner-nya sudah mengalami penurunan fungsi atau tidak akan begitu sensitif pada saat melakukan pendeteksian sidik jari yang tipis.  

- Adanya Penarikan Data Aplikasi absensi karyawan berbasis web yang Masih Dilakukan Manual 

Memang data yang terdapat pada mesin fingerprint merupakan data yang bersifat elektronik tapi biasanya memang bentuk datanya masih dalam bentuk file spreadsheet yang bisa diolah secara manual selanjutnya. Inilah yang membuat semakin repot saja jika pada suatu ketika memerlukan pelaporan secara real-time.

Kelebihan Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web Dibanding Fingerprint

- Pembiayaan Maintenance dan Infrastruktur yang Relatif Murah

Apa saja kelebihan dari aplikasi absensi online ini jika diperbandingkan dengan penggunaan aplikasi absensi karyawan berbasis web? 

Memang sebagaimana yang telah kita tahu jika aplikasi ini memungkinkan untuk setiap karyawan busa mengunduhnya secara gratis melalui Play Store untuk sistem berbasis android atau App Store untuk pengguna iOS pada smartphone mereka masing-masing.  Jelas ini lebih murah untuk perusahaan.

- Adanya Integrasi Data dengan Anda yang Menggunakan Aplikasi HRIS

Perlu Anda ketahui jikalau memang aplikasi absensi online ini bisa melakukan integrasinya dengan mempergunakan aplikasi Human Resource Information System (HRIS). 

Tentunya ini membuat data absensi karyawan akan terekam, sehingga dapat masuk ke dalam aplikasi tersebut secara otomatis tanpa memerlukan tindakan pemindahan data yang dilakukan secara manual.

- Aplikasi Absensi Online Mempermudah Fleksibilitas dan Kebutuhan Remote Working

Penggunaan aplikasi absensi online ini juga tentunya mempermudah dalam hal pengelolaan karyawan yang mempunyai jam kerja fleksibel. 

Misalnya saja banyak dari karyawan di masa pandemi ini yang bekerja di rumah atau remote working. Hal inilah membuat aplikasi absensi online begitu berpengaruh karena mereka tidak lagi perlu datang ke kantor hanya untuk melakukan absensi. 

- Mempunyai Tingkat Akurasi yang Cenderung Lebih Tinggi

Menggunakan aplikasi absensi online ini tentunya akan mencatat data lokasi dan waktu check-out dan check-in dengan lebih akurat. Hal tersebut karena aplikasi ini menggunakan fitur seperti halnya GPS tracking dan clock pada masing-masing gawainya.

Apa Kekurangan dari Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web?

Semua itu tentunya akan bergantung dari kamera gawai yang dipunyai oleh karyawan. Perlu Anda ketahui jika memang harus berfungsi dengan baiknya. Hal tersebut karena pencatatan kehadiran memerlukan proses dengan mempergunakan swafoto untuk melakukan identifikasi lokasi, identitas dan waktu kehadiran. 

Aplikasi Absensi Online Terkait dengan Sinyal Internet 

Tentunya dengan adanya masalah sinyal, kesulitan akan dialami oleh karyawan dalam melakukan proses pencatatan kehadiran jika memang berada pada tempat dengan keterbatasan sinyal internet. 

Maka dari itu banyak sekali memang aplikasi HRIS yang digabungkan dengan aplikasi aplikasi absensi karyawan berbasis web. 

Kesimpulan
Setelah mengetahui perbedaan aplikasi absensi online dan fingerprint, apakah sudah terbayang di benak Anda mana yang lebih menguntungkan? Tentunya menyesuaikan dengan kondisi pekerjaan karyawan. 

Hal ini bisa menjadi pertimbangan perusahaan dalam menerapkan kebijakan yang efisien. 

Aplikasi absensi seperti Mekari Talenta juga berusaha memberikan kesempatan perusahaan maupun karyawan untuk menjalankan tugasnya dengan praktis.

Talenta adalah salah satu merk HRIS (Human Resources Information System), yaitu sejenis software untuk manajemen SDM. 

Software HRIS biasanya bertujuan untuk mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. 

Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Lainnya dari Mekari Talenta:

1. Fitur yang Disajikan Sangat Berlimpah
Keunggulan dari Mekari Talenta ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Mekari Talenta ini, berikut ini detail fiturnya

- Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

- Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. 

Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang Sangat Terperinci
Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang Efektif dan Responsif
Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan akan menjadi lebih praktis dan optimal. Saat ini Talenta dapat diakses dengan mudah melalui  https://Talenta.co.  

Yuk, gunakan Talenta sekarang!