Dompet Dhuafa Wakaferse Goes to East Java, Bangun Tiga Program Wakaf di Tiga Daerah yang Berbeda

MUS • Thursday, 27 Oct 2022 - 15:55 WIB

Jawa Timur – Dalam rangkaian Wakaferse Goes to East Java, Dompet Dhuafa menggandeng Media dari Jakarta untuk menjelajahi tiga daerah penerima manfaat dari program wakaf yang sudah diselenggarakan di tahun 2022.

Daerah tersebut adalah Pacitan, Ponorogo dan Jombang di Jawa Timur. Perjalanan ditempuh selama tiga hari (24-27 Oktober 2022), rombongan media dari Jakarta diajak untuk melihat secara langsung amanah yang sudah disampaikan Dompet Dhuafa untuk dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan.

Tempat pertama yang dikunjungi media adalah Dusun Ngasem, Kecamatan Arjosari, Pacitan Jawa Timur. Dusun yang letaknya di dataran tinggi ini sebelumnya kekurangan dan kesulitan mendapatkan air bersih, khususnya saat musim kemarau. Kehadiran Dompet Dhuafa di sana membawa amanah berupa wakaf Sumur Kehidupan hasil kerjasama antara Dompet Dhuafa dan Bank Danamon Syariah.

Sebelumnya, masyarakat Dusun Ngasem harus berjalan menuruni bukit sejauh 4 kilometer hanya untuk mengambil air bersih layak konsumsi. Kini, lebih dari 55 Kepala Keluarga di Kecamatan Arjosari bisa mengambil air bersih dengan lebih mudah karena Sumur Kehidupan dibangun di tengah-tengah rumah warga.

“Program ini sifatnya bertumbuh, jadi tidak hanya berhenti karena tandon air sudah dibangun. Kebutuhan tambahan seperti jika volume air harus ditambah, maka akan dilakukan Dompet Dhuafa selaku pengelola dana wakaf," jelas Bobby Manullang selaku General Manager Wakaf Dompet Dhuafa, Senin (24/10/2022).

Tempat kedua yang dikunjungi adalah salah satu wilayah di Gontor yaitu Dusun Mbaglumbu Desa Gajah, Ponorogo, Jawa Timur. Program wakaf yang ditujukkan untuk masyarakat desa terpencil ini berupa bedah surau yaitu memperbaiki bangunan masjid untuk dipergunakan masyarakat sekitar.

Sebelumnya sekitar di tahun 2019, Pengurus Muda Musholla Baitulrohman di Dusun Mbaglumbu berkeinginan untuk memugar kembali Musholla andalan Dusun Mbaglumbu ini, menjadikannya sebuah Masjid dengan maksud agar warga dapat beribadah lebih nyaman, memiliki pondasi bangunan yang lebih kuat, dan tentu lebih luas.

“Berdirinya Masjid di daerah terpencil ini adalah berkat doa-doa tulus warga yang dikabulkan Allah SWT. Dalam pembangunan masjid ini, Dompet Dhuafa hakikatnya adalah wasilah. Dana yang kami berikan adalah dana dari donatur kami di seluruh Indonesia," tutur Bobby Manullang, General Manager Wakaf Dompet Dhuafa pada sambutan peresmian Masjid Baitulrohman, Selasa (25/10/2022).

Tempat terakhir adalah Pondok Pesantren Tebu Ireng yang ada di Jombang, Jawa Timur. Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Yayasan Tebu Ireng membentuk PT Tebu Ireng Dompet Dhuafa Medika untuk membangun Rumah Sakit dengan nama RS Hasyim Asyari. Rumah sakit ini nantinya akan beroperasi secara umum untuk melayani masyarakat sekitar dan berfokus membantu kaum dhuafa serta masyarakat tidak mampu dalam memperoleh akses kesehatan yang memadai.

Rumah Sakit Hasyim Asy’ari merupakan rumah sakit wakaf ke-7 yang dibangun oleh Dompet Dhuafa. Semua itu berawal ketika Gus Sholah berkunjung ke Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa Parung, Bogor, sekitar tahun 2016. Dari kunjungan tersebut, menjadi inisiasi bagi Gus Sholah untuk mendirikan RS. Hasyim Asy’ari dengan memberikan wakaf berupa lahan seluas satu hektar untuk dikelola Dompet Dhuafa dengan mendirikan rumah sakit di atasnya.

Seiring dengan pembangunan rumah sakit, Dompet Dhuafa tetap menghimpun dana untuk melengkapi kebutuhan alat-alat kesehatan. Alhasil, banyak kemudahan yang didapat. Termasuk mendapat bantuan hibah berupa alat-alat kesehatan dari Pemprov Jatim. Bahkan saat ini kebutuhan alat kesehatan yang bersifat mayor sudah terpenuhi.

“Semoga akhir tahun ini bisa beroperasi. Hanya masih harus melengkapi beberapa kebutuhan kecil. Seperti peralatan di Poli Gigi dan fasilitas kecil lain,” jelas Direktur RS. Hasyim Asy’ari, Aria Dewanggana, Rabu (26/10/2022).

Bobby Manullang, General Manager Wakaf Dompet Dhuafa menjelaskan, Wakaf Universe atau Semesta Berwakaf dari Dompet Dhuafa akan terus menjalankan dan mengelola program-program yang sudah dilaksanakan, serta menambah program kebermanfaatan baru karena Dompet Dhuafa ingin terus menebarkan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan ke seluruh pelosok negeri. (AYN)