Pertamina Lubricants Tingkatkan Kompetensi Otomotif Pemuda Tapal Batas

MUS • Wednesday, 26 Oct 2022 - 22:25 WIB

Nunukan - PT Pertamina Lubricants (PTPL) kembali menjalankan rangkaian program Enduro Tapal Batas dengan dengan memberikan pelatihan otomotif kepada pemuda karang taruna Sei Pancang di Desa Sei Pancang, Kec. Sebatik Utara, Kab. Nunukan, Kalimantan Utara.

PTPL bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Nunukan untuk memberikan pelatihan selama 7 hari dari tanggal 17 - 25 Oktober 2022 dan diikuti oleh 5 orang anggota karang taruna yang memiliki minat dan bakat yang tinggi di bidang otomotif.

Sebelumnya pada tahun 2021, PTPL telah memberikan bantuan kepada bengkel UMKM karang taruna yakni bengkel "Faris Bengkel" dan "Aqila Bengkel" dengan dukungan pelumas, wearpack, rak penjualan pelumas, branding bengkel Enduro Express dan bantuan pendampingan bisnis.

Pada tahun 2022 ini, PTPL fokus untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemuda karang taruna di bidang otomotif. 

"Semangat peserta dalam menggali ilmu mengenai otomotif sangat tinggi dan kami selaku instruktur menjadi lebih bersemangat lagi untuk melatih mereka," ujar Hery Marsudiyono, instruktur Otomotif BLK Kab. Nunukan. 

"Kami berharap para peserta mampu mengamalkan dengan baik mengenai ilmu yang telah diberikan BLK dan semoga dengan kegiatan pelatihan ini, para peserta mampu meningkatkan skill di bidang otomotif serta dapat bermanfaat bagi bisnis kedepannya," imbuh Anang Yoyong Prayogo, Sales Region Manager VI PTPL. 

Untuk memaksimalkan pelatihan yang diberikan dari BLK, peserta akan diberikan kesempatan magang di 2 bengkel mitra binaan PTPL selama 14 hari kedepan. Dengan pemagangan tersebut, seluruh peserta dapat belajar banyak hal mengenai teknis otomotif dan bagaimana cara mengelola usaha perbengkelan di bengkel secara langsung. 

Kepala Desa Sei Pancang menambahkan, "Kami tentunya sangat senang Desa Sei Pancang dipilih sebagai sasaran program PT Pertamina Lubricants. Semoga program ini terus berkelanjutan hingga peserta dapat berdiri secara mandiri."

Rencana lanjutan dari program ini adalah pendirian usaha rintisan bengkel atas nama Karang Taruna Sei Pancang. Melalui bengkel tersebut, harapannya mampu menjadi wadah bagi karang taruna untuk meningkatkan kemampuan anggotanya baik secara sosial maupun ekonomi.

Enduro Tapal Batas merupakan program pemberdayaan UMKM bengkel di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Program ini sejalan dengan komitmen Pertamina Go Collaborative yakni membangun kolaborasi di lingkungan internal dan eksternal, serta turut berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 yaitu “Pekerjaan Layak” dan “Pertumbuhan Ekonomi".