KBRI Tokyo Dukung Kerja Sama Penelitian Teknologi Budi Daya Stroberi antara Unpad Bandung dengan Japan Premium Vegetable

MUS • Wednesday, 26 Oct 2022 - 21:01 WIB

Tokyo - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi menyambut baik  penandatanganan kerja sama penelitian antara Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dengan Japan Premium Vegetable (JPV) Co., Ltd. di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo pada 26 Oktober 2022. 

Melalui penelitian bersama ini, JPV dan Unpad akan membangun teknologi budi daya Stroberi berkualitas tinggi sepanjang tahun.

Saat menerima delegasi JPV yang terdiri dari Chief Executive Officer JPV Kenji Endo, Chief Operating Officer Shigenobu Yoshida dan Chief Technology Officer Dr. Yukinori Matsumoto, Dubes Heri menyampaikan harapan agar kerja sama ini selain dapat menghasilkan Stroberi berkualitas tinggi dan memberi keuntungan bagi para petani juga mampu berkontribusi dalam menambah pendapatan daerah. 

“Penelitian bersama ini akan menghasilkan teknologi budidaya Stroberi yang berkualitas di daerah panas dan lembab, sehingga dapat memenuhi permintaan Stroberi yang besar tidak hanya di Indonesia tetapi juga di kawasan Asia Tenggara, Jepang dan dunia. Hal ini mengingat  Stroberi banyak diminati tidak hanya di Jepang tetapi juga di negara-negara Asia Tenggara. Namun, area produksi Stroberi terbatas hanya di daerah pegunungan karena Stroberi lebih menyukai iklim yang lebih sejuk. Situasi saat ini, permintaan tidak terpenuhi secara memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas,” ujar Dubes Heri.

“Kepada JPV tadi saya sampaikan agar selain menjalin kerja sama dengan pihak universitas, juga menggandeng kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). KBRI Tokyo siap memfasilitasi dan menjembatani transfer teknologi dalam pengembangan riset penelitian baik di bidang pertanian atau bidang apapun sebagai wujud kerja sama erat kedua negara,” tambahnya.

Chief Executive Officer JPV, Kenji Endo menjelaskan, JPV telah mengerjakan pengembangan  teknologi budi daya Stroberi di daerah tropis dan daerah subtropis dengan suhu dan kelembaban tinggi. Uji coba tanam yang dilakukan memperlihatkan hasil tinggi dan teknologi budi daya yang dikembangkan mampu mendukung produksi sepanjang tahun untuk Stroberi berkualitas tinggi di Asia Tenggara. 

Salah satu target kerja sama ini antara lain renovasi Rumah Kaca IT (Greenhouse IT) di Unpad agar sesuai dengan spesifikasi yang telah dikembangkan melalui proyek ini. Teknologi pendinginan dan pencahayaan canggih akan diterapkan untuk mewujudkan lingkungan budi daya Stroberi yang cocok bahkan di daerah panas dan lembab. 

Sistem pembibitan tipe tertutup akan digunakan untuk menumbuhkan bibit berkualitas tinggi untuk mewujudkan budi daya varietas Stroberi Jepang dengan hasil tinggi sepanjang tahun di iklim panas dan lembab di Indonesia.