Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Beri Penjelasan Soal Kuota Haji Indonesia Tahun 2023

FAZ • Monday, 24 Oct 2022 - 15:22 WIB

Jakarta - Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menyinggung soal kepastian jumlah kuota jemaah haji Indonesia tahun 2023.

Hal ini disampaikannya setelah melakukan pertemuan dengan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

"Terkait kuota (haji) kami belum memastikan. Tetapi semua itu memang pada saat yang lalu terkait dengan kondisi pandemi," kata Tawfiq di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (24/10/2022).

Tawfiq juga mengatakan, pihaknya berharap kuota dan jumlah jemaah haji Indonesia bisa kembali normal setelah kondisi membaik.

Sebagai informasi, kata Tawfiq, hitungan untuk jumlah jemaah haji adalah satu dari seribu. Hal ini didasarkan kesepakatan dari negara konferensi atau kerja sama Islam.

"Tahun ini memang belum ditetapkan jumlahnya. Tetapi semua terkait akan keadaan kesehatan dunia yang sudah lebih baik," katanya.

Melalui kesempatan yang sama, Menteri Yaqut menambahkan, dirinya sudah banyak mendiskusikan soal haji bersama dengan Tawfiq. Beberapa di antaranya yakni, kuota haji dan peningkatan pelayanan terhadap jemaah haji perempuan.

"Termasuk juga bagaimana Indonesia diberikan kemudahan-kemudahan oleh pemerintah Saudi dalam mengurus visa untuk umroh nanti," tuturnya.