Bersama Petani Sawit, BPDPKS Serukan Peningkatan Produktifitas Sawit rakyat di Konawe

FAZ • Sunday, 23 Oct 2022 - 19:41 WIB

Jakarta - Produktifitas sawit merupakan hal yang penting karena di masa depan, permintaan minyak kelapa sawit di dunia akan kebutuhan minyak nabati akan meningkat. Indonesia sebagai salah satu produsen CPO terbesar terus meningkatkan produksinya.

Hal itu disampaikan Fachry Pahlevi Konggoasa, anggota Komisi 4 DPR RI saat membuka Sosialisasi dan Expo Sawit Baik 2022 di Aula Hotel Sri Rahayu, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin (17/10/2022)

Acara ini diselenggarakan berkat kerja sama yang baik antara Anggota Komisi IV DPR RI, Fachry Pahlevi Konggoasa dengan Jaringan Indonesia Muda atau JIM selaku penyelenggara dan didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS selaku pendukung pendanaan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe, H Gunawan Samad, M.Si berharap kegiatan ini akan menjadi awal untuk produktifitas sawit rakyat meningkat di Kabupaten Konawe dan menjadikan ekomomi masyarakat Konawe semakin tumbuh dengan meningkatnya produktifitas sawit.

"Kolaborasi dengan BPDPKS ini akan bermanfaat untuk peningkatan produktifitas sawit rakyat. Kami apresiasi betul", Ujarnya.

Direktur Utama BPDPKS yang diwakili Aida Fitria, Kepala Divisi Lembaga Kemasyarakatan dan Civil Society, menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya BPDPKS untuk berperan dalam sinergi peningkatan produktifitas sawit di wilayah Sulawesi Tenggara

"Produktifitas sawit mendukung terhadap pengurangan kemiskinan dan ketimpangan di suatu wilayah," katanya.

Sedangkan Asisten Manager PT Tani Prima Makmur, Guntur Talibara, SP menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk bertambahnya ilmu bagi petani dan berkembangnya program kemitraan antara petani dan perusahaan.

"Kegiatan ini mendorongnya berkembangnya program kemitraan antara perusahaan dan petani, kolaborasi yang baik antara perusahaan dan petani akan menghasilkan produktifitas sawit," ujarnya.


Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR (Aspekpir), Setiyono menyampaikan dengan adanya sosialisasi ini, petani dapat meningkatkan produktifitas dengan mengikuti program kemitraan, karena banyaknya keberhasilan di sejumlah daerah.

"Salah satu jawaban untuk peningkatan produktifitas petani adalah program PIR, Ini menguntungkan para petani dan perusahaan", Jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh para petani kelapa sawit di Kabupaten Konawe, salah satu petani sawit yaitu Indra, menyampaikan apresiasi penuh terhadap BPDPKS yang mendukung acara sosialisasi ini.

"Terima kasih kami sampaikan terhadap BPDPKS, dan Pak Fachry Pahlevi. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para petani sawit di Konawe, karena dibandingkan sektor lain, sawit belum jadi andalan ekonomi bagi masyarakat di sini," pungkasnya.