Dramatis, Mantan Presiden Hu Jintao Digiring Keluar dari Kongres Partai Komunis China

MUS • Saturday, 22 Oct 2022 - 23:58 WIB

Beijing - Insiden dramatis terjadi pada penutupan Kongres Partai Komunis China (PKC), Sabtu (22/10/2022). Mantan presiden China Hu Jintao dikawal ke luar ruangan kongres di Aula Besar Rakyat, Beijing. 

Hu yang duduk tepat di sebelah kiri Presiden Xi Jinping di panggung utama tiba-tiba didatangi dua orang yang kemudian memandunya untuk berdiri. 

Terlihat dari gesturnya, pendahulu Xi itu sempat menolak saat akan dibawa. Petugas beberapa kali mengangkat tubuh Hu dari tempat duduknya, namun ia tak mau berdiri. Tapi Hu akhirnya tak punya pilihan, selain mengikuti kemauan petugas yang membawanya keluar ruang.

Anggota parlemen, Li Zhanshu, yang duduk tepat di sebelah kanan Hu, memberikan map merah sang mantan presiden kepada petugas.

Rekaman video yang dirilis BBC menunjukkan, Hu sempat mencolek Xi dan menyampaikan sesuatu. Video itu beredar luas di media sosial, termasuk Twitter, namun tidak di platform China.

Tidak ada penjelasan apa yang memicu Hu dikawal keluar ruangan kongres. Namun spekulasi yang beredar, termasuk dilaporkan BBC, insiden ini terkait dengan kondisi kesehatan Hu. Ini terlihat Hu berjalan tidak stabil saat dibantu meninggalkan ruangan.

Kongres PKC berlangsung sejak Minggu lalu. Hasilnya mengokohkan posisi Xi sebagai orang terkuat di PKC juga sebagai kepala negara.