Acer Aspire Vero, Laptop Ramah Lingkungan Berbahan Daur Ulang

MUS • Saturday, 22 Oct 2022 - 23:04 WIB

Jakarta - Perkembangan digitalisasi membuat kebutuhan masyarakat terhadap perangkat elektronik makin membesar. Konsekuensinya, volume limbah elektronik alias e-waste pun meningkat. 

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2021 mencatat timbunan sampah elektronik di Indonesia mencapai 2 juta ton. Sebanyak 56 persennya terkonsentrasi di pulau Jawa. 

Di tengah tantangan yang rumit ini, Acer meluncurkan Acer Aspire Vero, laptop ramah lingkungan dengan dimensi 14 inchi yang ringkas.

Peluncuran Acer Aspire Vero generasi terbaru menjadi wujud konsistensi Acer untuk menghadirkan inovasi yang sejalan dengan gaya hidup berkelanjutan.

Komponennya sebagian besar berasal dari material ramah lingkungan. 

Misalnya pada bagian sasis dan bezel layar, Acer menggunakan plastik daur ulang yang telah dipakai konsumen, atau plastik post-consumer recycled (PCR) dengan porsi 30%. 

Sementara, bagian keyboardnya menggunakan 50% elemen plastik PCR yang menghemat sekitar 21% emisi lingkungan dari penggunaan plastik murni. 

Tidak cuma material, misi keberlanjutan juga diwujudkan Acer dalam fitur khusus software VeroSenseTM, yang membuat laptop ini makin hemat listrik dan memiliki usia baterai lebih panjang. 

Dikemas dalam kotak dari kertas daur ulang, Acer Aspire Vero generasi terbaru ini merupakan laptop dengan elemen daur ulang terbanyak di kelasnya. 

“Kehadiran laptop eco-friendly Acer Aspire Vero generasi terbaru merupakan wujud komitmen Acer dalam pengembangan produk yang berkelanjutan. Sebagai brand laptop pertama yang secara konsisten melakukan inovasi produk ramah lingkungan melalui lini Vero, kami yakin Acer Aspire Vero dapat menjadi laptop pilihan untuk mereka yang siap memulai langkah melestarikan sekaligus memberikan manfaat bagi lingkungan lewat aksi nyata sayang bumi,” kata Head of Marketing Acer Indonesia, Fransisca Maya. 

Sejak Juni 2021, tambah Fransisca, Acer dan para pegawai serta mitra bisnisnya menegaskan komitmen keberlanjutan lewat program Earthion, yang merupakan singkatan dari “Earth” dan “Mission”. 

Mengusung misi meningkatkan kesadaran akan isu lingkungan di tingkat global, Earthion mengintegrasikan seluruh proses produksi agar dapat menciptakan dampak positif terhadap lingkungan.

Laptop Acer Aspire Vero pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada Oktober 2021 dan awal tahun ini, Acer bersama National Geographic meluncurkan laptop Acer Aspire Vero National Geographic Edition, sekaligus memperkenalkan gerakan #SayangBumi yang berlangsung hingga saat ini. 

Design dan Warna Sarat Pesan

“Eco-design” pada Acer Aspire Vero terwakili dari posisi unik tombol R dan E yang diposisikan berlawanan untuk mengingatkan pengguna terhadap proses daur ulang. 

Struktur honeycomb pada chassis menghasilkan kerangka yang lebih kuat dan permukaan lapisan bertekstur bebas cat menjadikan permukaan sangat lembut dengan aksen unik yang dihasilkan dari proses daur ulang dan bermakna ajakan untuk mengurangi polusi.

Soal warna pun dipikirkan dengan matang. Acer Aspire Vero hadir di Indonesia dengan warna biru laut atau marianna blue, terinspirasi dari permasalahan sampah yang mencemari lautan. 

Uniknya, warna pada laptop ini bukan berasal dari penggunaan cat, melainkan hasil pemilahan dan daur ulang sampah-sampah plastik yang memiliki warna serupa. 

Performa Trengginas

Meski menggunakan bahan hasil daur ulang, performa Aspire Vero generasi terbaru tak perlu diragukan. 

"Si biru laut" ini didukung prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 yang dibuat dengan arsitektur hybrid dengan total 10 Core (2P Core + 8E Core), 12 threads dan frekuensi maksimal 4.40 GHz. 

Pengolahan grafis-nya menggunakan Intel® Iris® Xe Graphics. Laptop ini juga sudah tersertifikasi oleh Intel® Evo™ yang memberikan jaminan lebih kepada pengguna dalam hal responsivitas, daya tahan baterai, konektivitas, audio, dan layar yang jernih. 

Laptop ini menyediakan RAM dual channel 8GB LPDDR4X dan penyimpanan internal berupa SSD NVME Gen4 dengan kapasitas 512 GB yang bisa di-upgrade dengan mudah oleh pengguna. 

Acer Aspire Vero memiliki layar IPS berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD yang didukung 100% sRGB sehingga warna terlihat lebih cerah dan berakurasi tinggi.

Harga dan Ketersediaan

Acer Aspire Vero 14” (AV15-41) bisa didapatkan melalui penjualan online di Acer eStore, ecommerce, ataupun jaringan penjualan Acer terdekat di kota Anda dengan harga Rp 10.699.000, menjadikannya laptop Intel® Evo™ platform Generasi ke-12 berharga paling kompetitif di pasaran saat ini. 

Pelanggan akan mendapatkan perlindungan ekstra satu tahun Accidental Damage Protection (ADP) dan garansi servis tiga tahun untuk pembelian green PC Acer Aspire Vero. 

Acer sudah melengkapi laptop ini dengan sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021 yang siap digunakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ketersediaan, spesifikasi produk, dan harga di pasar tertentu, silakan kunjungi www.acerid.com.