Menkes: Gangguan Ginjal Akut Sudah Ada Obatnya

MUS • Friday, 21 Oct 2022 - 16:00 WIB

Jakarta - Kabar baik untuk para orangtua karena penyakit gangguan ginjal akut pada anak di Indonesia telah memiliki obat penawar. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi, yang mana obat ini didatangkan dari luar negeri.

Obat untuk gangguan ginjal akut ini, didatangkan dari Singapura. Menkes Budi menerangkan pihaknya, akan segera memesan kembali dalam jumlah banyak dan disebarluaskan ke seluruh Rumah Sakit.

Jumlah kasus sejauh ini, kata Menkes Budi sudah mencapai 200-an. Hal ini juga menjadi dasar untuk memesan obat dalam jumlah banyak.

BACA JUGA: Dilarang BPOM, Konimex Siap Tarik Termorex Sirup dari Peredaran

"Sekarang udah ditemukan obatnya, RSCM sebagai tim ahli ginjal nasional kita datangkan obatnya dari singapura. Sudah tiba kita coba dari 6 pasien 4 positif responsif, jadi obat ini begitu kita lihat responsnya positif," ungkap Menkes Budi dalam keterangannya diterima MNC Portal, Jumat (21/10/2022)

"Kita akan segera datangkan dalam jumlah cukup banyak agar bisa disebarkan di seluruh RS, karena ini kejadiannya sudah terindetifikasi di 20 provinsi di seluruh RI. Dengan total lebih dari 200 kasus," jelas Menkes Budi.